Home / Berita / TONI : “KAMI SUDAH  MENGAMBIL LANGKAH AGAR HAK MEMILIH TIDAK HILANG”

TONI : “KAMI SUDAH  MENGAMBIL LANGKAH AGAR HAK MEMILIH TIDAK HILANG”

FASILITASI HAK PILIH – Ketua KPU Ngawi menegaskan komitmen KPU Kabupaten Ngawi untuk memfasilitasi hak warga negara dalam memilih.

Ngawi, kpu-ngawikab.go.id, Kamis (05/04/2018) – Hak memilih adalah hak konstitusi warga negara. Jika syarat menjadi pemilih telah terpenuhi, maka  sudah seharusnya keberadaannya terwadahi dalam daftar pemilih. Demikian disampaikan Syamsul Wathoni, dihadapan  perwakilan berbagai instansi, sekolah, serta organisasi masyarakat, kamis 5 April 2018.

Ketua KPU Ngawi menyampaikan hal tersebut saat membuka sosialisasi tahapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur  2018. “Kami sudah mengambil langkah, agar hak konstitusi/hak pemilih tidak hilang dan terfasilitasi  sehingga bisa memilih.” jelas Toni.  Ketua KPU Kabupaten Ngawi ini menambahkan,  bahwa berbagai rangkaian tahapan untuk mendukung hak pemilih telah dilakukan. Maka pihaknya berharap, warga yang telah memiliki hak memilih nantinya akan terwadahi dalam DPT.  Menurutnya, masyarakat harus aktif mengecek data dirinya sebagai pemilih.

Pasca pengumuman DPS, KPU juga mengadakan Gerakan pencermatan DPS yang telah serentak dilaksanakan oleh PPS di seluruh desa/kelurahan pada 1 April 2018. Dalam kegiatan forum silahturahim itu, setiap PPS mengumpulkan RT hingga  RW untuk menccermati daftar, dan membantu usulan pembetulan jika ada data yang salah, maupun belum masuk dalam DPS.  Dan jika masih ada warga yang datanya keliru, misal nama, NIK, jenis kelamin, domisili, maupun belum tertera di DPS, maka diharapkan segera menyampaikan kepada PPS, untuk dilakukan perbaikan. Sehingga nantinya bisa masuk dalam Daftar Pemilih Sementara hasil perbaikan, yang datanya lebih valid, serta bermuara pada terwujudnya Daftar Pemilih Tetap. (bim)

Check Also

PENGUMUMAN DAN WAWANCARA CALON ANGGOTA PPK TAMBAHAN DALAM PEMILU 2019

Pengumuman bisa di dowload disini Share on: WhatsApp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *