Home / PPK Mantingan / TIPS LEMBUR ALA PPK MANTINGAN

TIPS LEMBUR ALA PPK MANTINGAN

sisi lain

TIPS LEMBUR ALA PPK MANTINGAN

Lembur….

Mantingan, www.kpu-ngawikab.go.id – Selasa, (6/03/2018)  Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) pengertian dari lembur adalah pekerjaan yang dilakukan di luar jam kerja karyawan. Normalnya bekerja adalah 07.00 – 16.00, atau mungkin secara umum dari pagi sampai sore hari. Jika pekerjaan itu dilakukan melebihi waktu sore hari (sampai larut malam bahkan pagi) sudah bisa dikatakan lembur.

Bagi penyelenggaran pemilu, baik itu KPU (Komisi Pemilihan Umum), PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan), PPS (Panitia Pemungutan Suara) dan penyelenggara lainnya, lembur merupakan makanan setiap hari. Karena memang pekerjaan ini hanya bisa dirampungkan dengan kerja lembur. Nah, bicara tentang lembur, ada hal yang penting agar lembur bisa lancar. Maksudnya? Ya agar manfaat dari aktifitas lembur kita bisa maksimal. Tidak hanya maksimal secara waktu, melainkan secara hasil pekerjaan, tugas dan meminimalisir dampak pada keluarga. Nah, dalam catatan kecil ini, kami PPK Mantingan, berbagi tips lembur :

  1. Mengkondisikan Keluarga

Hal ini terkesan remeh, tapi penting. Jangan sampai keluarga merasa dinomorduakan dikarenakan pemahaman kepada keluarga masih kurang tentang pekerjaan sebagai penyelenggara pemilu. Jangan sampai ada kecemburuan atau pandangan negatif keluarga terhadap pekerjaan kita.

  1. Kondisi Fisik

Penting menjaga kondisi fisik kita. Karena itu semua akan mempengarui kerja-kerja kita saat lembur maupun jma-jam biasa. Menu makanan empat sehat lima sempurna tetap menjadi menu wajib bagi penyelenggara pemilu. Bila perlu ditambah lagi.

  1. Jangan beraktivitas terlalu berat sebelum lembur

Usahakan sebelum lembur, pekerjaan-pekerjaan yang dikerjaan sebelumnya tidak terlalu berat. Dikarenakan jika terlalu berat ini akan menguras tenaga kita saat lembur. Dan bisa saja malah menambah dampak negatif terhadap kesehatan maupun hasil akhir aktifitas lembur.

  1. Jangan makan terlalu kenyang

Menjaga kondisi badan dengan makan itu baik, tetapi jika terlalu kenyang sebelum lembur ini akan berdampak muncul rasa malas dan ngantuk.

  1. Kopi dan cemilan jangan berlebih

Menu wajib lembur kebanyakan adalah cemilan dan kopi. Biasa orang Jawa mengistilahkan cagak lek” . menu wajib ini boleh asal tidak berlebihan saja.

  1. Target kerja dan waktu

Tak baik lembur dengan waktu dan kerja yang tidak tertarget dan terencana. Harus ada rencana sebelumnya tentang apa saja yang harus dikerjakan dan batas waktu lembur.

Demikian tips-tips lembur dari PPK Kecamatan Mantingan. Sebenarnya masih banyak lagi yang belum kami sampaikan. Namun kami kira, enam point di atas yang lebih penting untuk diperhatikan. Semoga lembur kita lembur yang produktif dan semoga ada keseimbangan antara kerja, keluarga dan kesehatan kita. Terimakasih kawan… selamat lembur lagi… namun tetap enjoy… !! (Rendi)

Check Also

JANGAN ASAL PASANG, PEMASANGAN DPT BUKAN FORMALITAS

Mantingan, www.kpu-ngawikab.go.id – Sesuai dengan intruksi dari KPU Kab Ngawi perihal sosialisasi DPT (Daftar Pemilih …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *