Home / Berita / Sosialisasi Penyelenggaraan PEMILU 2019

Sosialisasi Penyelenggaraan PEMILU 2019

Ngawi, www.kpu–ngawikab.go.id – dalam rangka akan dilaksanakannya Tahapan Pemilu Tahun 2019, Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Ngawi melaksanakan kegiatan Sosialisasi Penyelenggaraan Pemilihan Umum Tahun 2019. Bertempat di RM.Notosuman Watuwalang Ngawi, Kamis  (28/9) KPU Ngawi mengundang Ketua Partai Politik, Stakeholder dan Ormas.

Ketua KPU Ngawi Syamsul Wathoni dalam sambutannya menjelaskan bahwa untuk mensukseskan pemilihan umum tahun 2019 diperlukan pemahaman yang sama tentang aturan yang baru. Dia juga berharap koordinasi yang baik antara penyelenggara, peserta pemilu, pemerintah daerah  diharapkan terus terjaga. Selain itu dia juga menjelaskan tentang Partai yang diundang dalam acara ini adalah mendasar dari data Bakesbangpol Kabupaten Ngawi.

Kegiatan ini terbagi dalam 2 sesi. Materi pertama disampaikan oleh Ketua KPU Provinsi Jawa Timur ( Eko Sasmito,SH.,MH) dengan materi UU Nomor 7 tentang Pemilihan Umum. Eko Sasmito menjelaskan perbedaan antara undang-undang yang lama dengan yang baru, serta menjelaskan hal-hal baru terkait UU No 7 tahun 2017. Selain itu Eko juga menghimbau kepada seluruh penyelenggara pemilu beserta peserta pemilu harus menjalin koordinasi yang baik.

Dalam sesi ini ada beberapa peserta yang mengajukan pertanyaan diantaranya Chairul Anam Anggota Panwaslih Kabupaten Ngawi dan Dimas Alfi Noor Ketua DPC PPP yang menanyakan tentang KTP elektronik sebagai syarat menjadi pemilih dalam pemilu tahun 2019. Karena tidak semua masyarakat sudah ber KTP elektronik.

Eko sasmito menjelaskan bahwa jika pemilih belum memiliki KTP elektronik bisa menggunakan surat keterangan yang dikeluarkan oleh dispendukcapil Kabupaten/Kota. “Untuk yang belum ber KTP elektronik bisa menggunakan surat keterangan dari dispendukcapil,”Ujarnya.

Selanjutnya dalam sesi kedua kegiatan sosialisasi ini di moderator oleh Sekretaris KPU Ngawi, Eddy SUkamto dan sebagai Narasumber Komisioner KPU Ngawi Prima Sulistyanti (Divisi Hukum) yang menyampaikan materi PKPU No.7 tahun 2017 tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Umum Tahun 2019. Dalam kesempatan tersebut Prima banyak menginformasikan tugas-tugas partai politik dalam kegiatan pendaftaran di KPU RI dan KPU Kabupaten. Dia berharap agar Parpol selalu berkomunikasi dengan KPU apabila ada hal-hal yang secara teknis belum dipahami dalam proses pendaftaran.(NM)

Check Also

APEL PAGI UPAYA OPTIMALKAN PRODUKTIFITAS KERJA

Ngawi, www.kpu-ngawikab.go.id –  Dalam rangka menjaga produktifitas dan sinergitas antar bagian maupun divisi, Jajaran Personil …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *