Home / Berita / SOSIALISASI DI ACARA CAP GO MEH, DISUGUHI SENI BARONGSAI

SOSIALISASI DI ACARA CAP GO MEH, DISUGUHI SENI BARONGSAI

Komisioner KPU Kabupaten Ngawi bersama Relawan Demokrasi Basis Keagamaan saat sosialisasi

Ngawi, kpu-ngawikab.go.id – Selain karunia  kekayaan alamnya, Indonesia juga memiliki keragaman agama, adat budaya, geografis dan etnis penduduknya.  Dalam hal etnis, seperti juga daerah lainnya, di Kabupaten Ngawi juga terdapat etnis keturunan Tionghoa.  Mereka telah lama hidup berdampingan menjalin harmoni dengan etnis lainnya.

Sebagai WNI, mereka memiliki hak yang sama dalam Pemilu. Karena itu sangat tepat saat Relawan Demokrasi bersama KPU Kabupaten Ngawi menyapa warga Keturunan Tionghoa dengan hadir dalam acara perayaan Cap Go Meh pada selasa malam (19/2/2019). Cap Go Meh sendiri, merupakan  perayaan yang dilakukan warga  Tionghoa pada dua minggu setelah Tahun Baru Imlek.

Komitmen bersama untuk sukseskan Pemilu 2019

Relawan Demokrasi basis keagamaan bersama Komisioner KPU Kabupaten Ngawi bertandang pada acara Cap Go Meh yang dilaksanakan di ke Kelenteng Sien Hien Kiong Ngawi. Kelenteng ini terdapat di area Pasar Besar Ngawi tepatnya di Jl. Sultan Agung No. 76  Kelurahan Ketanggi Kecamatan Ngawi.

Kehadiran Relawan dan Komisioner,  adalah dalam misi sosialisasi Pemilu Serentak 2019. Dalam acara tersebut, antusiasme warga Keturunan Tionghoa yang juga Jemaat Tri Dharma sangat tinggi.

Bapak Anton Setiawan selaku pimpinan umat Tri Dharma Ngawi, mengaku sangat senang dan bangga mendapat kunjungan tersebut menjelang  Pemilu 2019. Dalam kesempatan itu, warga Tionghoa juga menampilkan seni  Liang Liong dan atraksi Barongsai.

Seniman Barongsai saat persiapan tampil.

Relawan Demokrasi basis keagamaan menyampaikan sosialisasi. Tentang hari pemungutan suara, serta menampilkan contoh surat suara Pemilu 2019.  Acara juga dipadu dengan perbincangan bersama Komisioner KPU Kabupaten Ngawi, Aman Ridho Hidayat serta Eni Nurjanah. Mereka memberikan jawaban atas beberapa pertanyaan dari  peserta. Diantara yang disampaikan adalah tentang cara memilih di luar domisili. Ini mengingat pada saat hari pemungutan suara, diantara warga Tionghoa ada yang akan bepergian dalam rangka kepentingan bisnis/ usaha.

Ada juga pertanyaan tentang cara mengenali Caleg yang tanpa memiliki foto dalam surat suara. Untuk hal ini komisioner menyilakan pemilih untuk menjaring informasi di masa kkampanye yang masih berlangsung, untuk mengenal dan mengetahui sosok dan program Caleg. (ardhi/bim)

Check Also

KERJA MARATHON BARENG KPU NGAWI, INI KOMENTAR OPERATOR SITUNG

Ngawi, www.kpu-ngawikab.go.id, Jumat (10/5/2019) – Keberadaan Aplikasi SITUNG (Sistem Informasi Penghitungan Suara) pada pemilu 2019, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *