Home / Berita / SONGSONG PEMILU 2019, SANGGAR SOERYA BUDAYA NGAWI HIBUR WARGA NGAWI

SONGSONG PEMILU 2019, SANGGAR SOERYA BUDAYA NGAWI HIBUR WARGA NGAWI

Terbit  Sabtu (21/04/2018)

Ngawi, www.kpu-ngawikab.go.id – Untuk ketiga kalinya, Gelar seni dalam rangka sosialisasi hajatan demokrasi di gelar di Kota Ngawi. Setelah beberapa waktu lalu sukses dengan Gelar seni Mataraman, Gelar Seni Budaya sukseskan Pilgub Jatim 2018,  maka masih di bulan April dilaksanakan Pagelaran Seni Budaya Menyambut Pemilu 2019.

Penampilan Sanggar Soeryo Budoyo

Dalam kegiatan tersebut, diantara pengisi acara adalah Sanggar Seni Soeryo Budoyo. Dalam penampilannya, sanggar yang bermarkas di Jalan Kartini tersebut menceritakan tentang adanya raja di negeri Purwa Carita yang menginginkan  mempersunting Dewi Janaka. Untuk itu dia meminta Patihnya untuk melamar atau mendapatkan dewi Janaka, di negeri Amarta.

Patih yang diperankan oleh Seniman Ngawi Imam, berangkat menuju negeri amarta. Sesampainya di Negeri Amarta, Patih menemui satria yang dikiranya Dewi Janaka. Ternyata diluar perkiraannya, bahwa yang dihadapannya ternyata bukanlah perempuan. Ya, Janaka adalah seorang Pria. Meski memiliki perangai dan perilaku lembut, namun janaka adalah sosok pria, dan satria yang gesit lagi perkasa. Terjadi persselisihan antara patih dan Janaka. Janaka menolak dibawa ke Purwa Carita.

Sang patih kalah dan tak mampu menandingi kesaktian janaka. Singkat cerita, wadya bala Purwa Carita ditumpas habis oleh janaka. Hingga datanglah sang raja Purwa Carita, lalu terjadi peperangan diantara Raja Purwa Carita dan Janaka. Dan di akhir kisah, Janaka kalah, lalu meminta bantuan Semar sang Tetua Punokawan. Dan di tangan Semar Dan Bagong, raja Purwa Carita kalah. Lalu berubah wujud,  menjadi Gareng yang juga punokawan.

Setelah berubah wujud, Gareng menceritakan, bahwa apa yang dilakukannya dengan menyamar menjadi raja, adalah sekedar cara untuk membuat huru hara. Sekaligus mengingatkan para satria dan seluruh warga untuk ingat dan bersiap, untuk menyogsong pemilu 2019, serta tetap waspada dan menciptakan keadaan aman tentram di lingkungan masing-masing. (bim)

Check Also

KPU KABUPATEN NGAWI LAKSANAKAN SORTIR DAN PELIPATAN SURAT SUARA

Ngawi, www.kpu-ngawikab.go.id – Cerahnya udara Kota Ngawi pada Selasa pagi (22/05/18), menjadi awal hari pelaksanaan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *