Home / PPK Karangjati / SELEKSI PENERIMAAN KPPS DILAKUKAN SECARA TERBUKA

SELEKSI PENERIMAAN KPPS DILAKUKAN SECARA TERBUKA

Karangjati, www.kpu-ngawikab.go.id – (19/05)2018). Menghadapi tahapan puncak Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur Tahun 2018 yang tersisa 37 hari, Pantia Pemilihan Kecamatan (PPK) Karangjati mengadakan supervisi perekrutan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang dilaksanakan oleh Pantia Pemungutan Suara (PPS) di seluruh desa di Kecamatan Karangjati

Sebanyak 567 anggota KPPS akan bertugas di 81 TPS.  Setiap TPS membutuhkan tujuh KPPS. Perekrutan KPPS dalam Pilkada kali ini direkrut secara terbuka, artinya KPPS tidak lagi berdasarkan rekomendasi lurah atau tokoh masyarakat, melainkan mereka mendaftar kepada PPS dan dilakukan pengujian teori dan wawancara mendalam tentang motivasi dan kemampuan mengelola kepemiluan.

Ketua PPK Karangjati Winarno, mengatakan tentang syarat menjadi KPPS.  “untuk menjadi anggota KPPS harus memiliki integritas, kapasitas kompetensi, kemandirian, jujur dan adil. Juga tidak menjadi anggota Parpol paling kurang dalam lima tahun terkhir, dan belum pernah dua periode menjadi anggota KPPS”. Jelas Pak Win.

Persyaratan lain calon anggota KPPS adalah berusia paling kurang 17 tahun, pendidikan SMA atau sederajat, sehat jasmani dan rohani. Termasuk tidak pernah dijatuhi hukuman pidana yang berkekuatan hukum tetap dengan ancaman paling rendah lima tahun.

Maftukin Zaeni selaku divisi SDM dan Parmas juga menambahkan untuk menjaga keamanan di TPS pada hari pemungutan suara akan diangkat petugas keamanan dan ketertiban atau trantib dari petugas linmas di desa sebanyak dua orang di setiap TPS. Untuk 81 TPS, dibutuhkan 162 orang trantib. (ANI.P)

Check Also

DI KARANGJATI, KETUA KPU NGAWI SAMPAIKAN TERIMAKASIH ATAS DUKUNGAN SEMUA PIHAK TERHADAP PENDATAAN PEMILIH

Karangjati. www.kpu-ngawikab.go.id. – Rapat koordinasi dengan pemangku kepentingan dalam tahapan pemilihan Gubernur dan wakil Gubernur …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *