Home / Berita / RUMAH PINTAR PEMILU, PUSTAKA KEPEMILUAN BAGI WARGA

RUMAH PINTAR PEMILU, PUSTAKA KEPEMILUAN BAGI WARGA

Ngawi, www.kpu-ngawikab.go.id, Jumat (1/3/2019) – Dalam perjalanan kehidupan berbangsa dan bernegara maka sejarah selalu mengiringinya. Salah satunya adalah sejarah dalam Demokrasi dan kepemiluan.  Termasuk tentang keberadaan Komisi Pemilihan Umum dari masa ke masa. Kita pahami, Komisi Pemilihan Umum menjadi penyelenggara Pemilu sejak tahun 1999. Komisi Pemilihan Umum pertama  dengan masa tugas 1999-2001 dibentuk dengan Keppres No 16 Tahun 1999 dan dilantik oleh Presiden BJ Habibie.

Sedangkan KPU RI periode 2001-2007 dilantik oleh  Presiden Abdurrahman Wahid  (Gus Dur) pada 11 April 2001. Selanjutnya, KPU masa tugas tahun 2007-2012 dilantik oleh Presiden Soesilo Bambang Yudoyono.  Demikian juga untuk KPU Masa Bakti 2012-2017.

Sedangkan KPU Masa tugas 2017-2022 dilantik oleh Presiden Joko Widodo. Demikian sekilas tentang KPU RI yang mengiringi perjalanan pesta Demokrasi pasca era Reformasi. Sejarah perjalanan kepemiluan menjadi wawasan pengetahuan bagi bangsa.

Sejarah kepemiluan seperti itu, selain bisa diketahui melalui media informasi digital, juga terdapat pada  Rumah Pintar Pemilu atau RPP. RPP dibentuk oleh KPU dari Tingkat Pusat, provinsi, hingga KPU Kabupaten/Kota.

Pintu Masuk RPP Dr. K.R.T. Radjiman Wedyodiningrat

Di Kabupaten Ngawi, terdapat Rumah Pintar Pemilu Rajiman Wedyodiningrat yang berada di komplek kantor KPU Kabupaten Ngawi Jalan Untung Suropati Ngawi. Masyarakat dapat mengunjungi RPP ini setiap hari kerja. Terlebih untuk pelajar, mahasiswa maupun organisasi masyarakat yang ingin menambah pengetahuan kepemiluan.

Pengunjung saat mengabadikan momentum di RPP KPU Kabupaten Ngawi

Ini seperti kunjungan beberapa perwakilan dari unsur lembaga pendidikan, pada hari Jumat Sore (1/3/2019). Tim Media center menjadi pemandu dalam kunjungan sore itu. Diantaranya, dari SMPN 2 Ngawi, STIKIP MODERN Ngawi, SMAN 2 Ngawi, SMA PGRI 1 Ngawi, SMK PGRI 1 Ngawi, serta dari SMAN 1 Jogorogo. Tim Media Center dan RPP memandu kunjungan itu.

“Kami berharap Keberadaan RPP bermanfaat bagi penambah wawasan khususnya pelajar dan mahasiswa. Dan kami berharap RPP juga makin bertambah fasilitasnya, sehingga makin sempurna sebagai wahana informasi” harap Naam Mahmudi, staf pengelola Rumah Pintar Pemilu Dr. Rajiman Wedyodiningrat KPU Ngawi. (bm)

Check Also

KERJA MARATHON BARENG KPU NGAWI, INI KOMENTAR OPERATOR SITUNG

Ngawi, www.kpu-ngawikab.go.id, Jumat (10/5/2019) – Keberadaan Aplikasi SITUNG (Sistem Informasi Penghitungan Suara) pada pemilu 2019, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *