Home / Berita / RELAWAN DEMOKRASI AJAK PEREMPUAN BERPARTISIPASI DALAM PEMILU

RELAWAN DEMOKRASI AJAK PEREMPUAN BERPARTISIPASI DALAM PEMILU

Kwadungan, kpu-ngawikab.go.id – Relawan Demokrasi KPU kabupaten Ngawi melaksanakan sosialisasi di dukuh Balong  Gobang  Desa Karangsono  Kecamatan Kwadungan. Kali ini Relawan Demokrasi dengan segmen Basis Pemilih Perempuan yang menyampaikan sosialisasi. Adapun yang menjadi peserta adalah ibu-ibu warga dusun Balong Gobang. Kegiatan tersebut bersamaan dengan kegiatan pertemuan penerima bantuan Program Keluarga Harapan.

PEREMPUAN DALAM DEMOKRASI – Bersama  perempuan melalui Demokrasi memajukan Negeri

Koordinator Relawan Demokrasi, Siti NurAzah M. menyampaikan informasi pemilihan dengan bahasa jawa. Mengingatkan beberapa hal penting terkait Pemilu 2019.  “Pemilu mangke benten ibu-ibu kalian rumiyin. Mangke wonten gangsal surat suara.  Kagem milih Presiden lan Wakil Presiden, milih DPD, milih DPR RI utawi pusat, DPRD Propinsi lan DPRD Kabupaten.” tuturnya dengan ramah.

Pada sesi berikutnya, perempuan yang disapa Mbak Siti Nur tersebut sempat memancing respon peserta dengan langsung  menanyakan juga kepada ibu-ibu apakah sudah tahu tanggal pemilu. Dan diantara peserta menjawab tanggal 17 April 2019. Sedangkan untuk hari, beberapa menjawab, dan sebagian besar belum mengetahuinya. Menanggapi hal itu, perempuan berhijab tersebut menjelaskan waktu pelaksanaan, dimana hari Rabu, tepatnya Rabu Pahing.

Ditambahkan pula, bahwa bagi keluarga yang tidak berada ditempat, maka bisa menyoblos di tempat mereka berada atau bekerja. Dengan cara mengurus surat pindah memilih, yaitu dengan  menghubungi PPS asal maupun KPU tujuan, yang menaungi TPS dimaksud.

APRESIASI – Relawan Demokrasi  memberikan Apresiasi bagi peserta yang hadir

Suasana semakin menarik dan penuh keceriaan, saat ibu-ibu diajak bermain game dan Kuis. Eni Nurjanah dan Siti Nur juga memberikan hadiah khusus kepada ibu-ibu yang hadir membawa balita. Ini sebagai wujud apresiasi terhadap kehadiran mereka dalam sosialisasi. Selain itu, Bimo W sebagai perwakilan dari tim sosialisasi KPU Kabupaten Ngawi,  juga tutur memberikan game dan kuis. Diantaranya, mengajak peserta untuk memperagakan bagaimana mengabarkan pemilu kepada tetangga kanan kiri. Selanjutnya ibu-ibu yang berani tampil, mendapatkakn hadiah yang disediakan oleh Relawan Demokrasi.

Sebagai informasi, Relawan Demokrasi basis perempuan yang hadir selain Siti Nur adalah Haniatus S, Aina.W.K., Uswatun Hasanah dan Novi Wulandari. Kelimanya kompak membagi peran sehingga sosialisasi berjalan dengan baik dan lancar.

Momentum tersebut terasa special, karena kehadiran penyelenggara dari Kabupaten hingga Desa. Dimana terdapat  Komisioner KPU kabupaten Ngawi yang membidangi sosialisasi, Eni Nurjanah. Selain itu juga dihadiri Dedy Kurniawan PPK Kwadungan dan Yanto PPS Desa Karangsono.

Siti Nur mengungkapkan, pihaknya sebagai Relawan Demokrasi akan terus melaksanakan sosialisasi dengan suasana menarik. Meskipun sederhana namun menyediakan hadiah, agar menjadi pengingat bagi peserta terhadap kegiatan yang dilakukan. Di sisi lain, rencana kegiatan yang telah ditentukan akan dilaksanakan secara serius hingga menjelang April 2019 oleh kelompoknya. Ditambahkannya  secara personal, anggota Relasi basis perempuan akan melakukan sosialisasi dalam kesempatan apapun  sesuai kegiatan dan aktifitas masing-masing relawan. (bm)

Check Also

KERJA MARATHON BARENG KPU NGAWI, INI KOMENTAR OPERATOR SITUNG

Ngawi, www.kpu-ngawikab.go.id, Jumat (10/5/2019) – Keberadaan Aplikasi SITUNG (Sistem Informasi Penghitungan Suara) pada pemilu 2019, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *