Home / Berita PPK / PPS SEKECAMATAN GERIH OPTIMALKAN PENCERMATAN DPT HP

PPS SEKECAMATAN GERIH OPTIMALKAN PENCERMATAN DPT HP

Gerih, www.kpu-ngawikab.go.id, (10/10/2018) – Menjelang Pemilu 2019, tahapan pemutakhiran daftar pemilih masih terus berlanjut. Setiap tingkatan penyelenggara, mulai dari KPU RI sampai  PPS, berusaha untuk memperbaiki daftar pemilih dengan semaksimal mungkin.

Sehubungan dengan hal tersebut, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Gerih melakukan koordinasi dengan Panitia Pemungutan Suara (PPS) se-Kecamatan Gerih terkait pencermatan Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan (DPTHP).

Pertemuan yang dilakukan  di sekretariatan PPK Gerih berlangsung dari pukul 14.00-16.00 Wib. Diantaranya membahas laporan 10 harian dari PPS kepada PPK. “masih ada 20 hari, 2 kali laporan lagi. Maka harap tetap melanjutkan pencermatan di lapangan.” Begitulah pesan ketua PPK Gerih, Agus Sugiyanto, kepada ketua dan divisi data PPS yang hadir sore itu.

Sebagai tindak lanjut,  maka PPS se-Kecamatan Gerih turun ke lapangan sebagai tanggapan atas intruksi KPU RI untuk melakukan pencermatan data ganda dan anomali. Hasil dari pencermatan tersebut, PPS menemukan adanya pemilih  yang mempunyai data kependudukan ganda. Termasuk adanya pemilih yang tidak mengurus data kepindahan sehingga terjadi kegandaan.

Sebagian besar kasus yang ditemukan, adalah daftar pemilih ganda dengan kota/kabupaten lain, bahkan sampai luar pulau Jawa. Hal ini menimbulkan kendala di lapangan, pemilih sulit ditemui karena berdomisili di luar kota tapi masih terdaftar sebagai pemilih di Kabupaten Ngawi.

Informasi dari PPK kecamatan Gerih menyebutkan bahwa Bukti fisik berupa fotocopy KTP-el/Surat Keterangan, Kartu Keluarga, Surat Pindah Domisili, atau Surat Kematian merupakan modal utama untuk melakukan pencermatan. Bukti fisik tersebut menjadi bukti kuat untuk memasukkan, merubah ataupun menghapus data pemilih dari DPTHP.

Untuk itulah PPS diharuskan terjun ke lapangan untuk memastikan kebenaran data dari pemilih, hal ini dilakukan agar daftar pemilih yang dihasilkan bisa  valid. Hal ini adalah salah satu upaya penyelenggara untuk meminimalisir protes atau tuntutan terkait daftar pemilih. (PPK gerih).

Check Also

GERILYA SOSIALISASI DI KELOMPOK IBU-IBU SPP UPK DAPM KEDUNGGALAR

Kedunggalar, www.kpu-ngawikab.go.id  – Gegap gempita Pilgub Jatim 2018 sudah sangat terasa gaungnya di masyarakat. Ditambah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *