Home / PPK Pitu / PPK PITU KABARKAN PEMILU 2019 PADA KALANGAN PENDIDIK

PPK PITU KABARKAN PEMILU 2019 PADA KALANGAN PENDIDIK

Pitu,kpu-ngawikab.go.id, Sabtu (23/02/2019) – Sosialisasi adalah tugas yang melekat pada diri penyelenggara. Sepanjang tahapan harus menyampaikan informasi kepada masyarakat di wilayahnya sebagai bagian dari sosialisasi.

Seperti yang dilaksanakan oleh PPK Pitu, pada di hari Sabtu (23/2/2019). Beberapa point penting Pemilu, disampaikan kepada kalangan pendidik yang merupakan guru honorer di Kecamatan Pitu,  dalam satu momentum pertemuan.

Adalah Sumarni Divisi Parmas PPK Pitu, yang menyampaikan informasi tersebut. Sosialisasi diawali dengan sepintas gambaran Pemilu 2019, dirangkai dengan ajakan untuk menggunakan hak pilih Pada Pemilu 17 April 2019 mendatang di TPS (Tempat Pemungutan Suara).

Lebih lanjut, Sumarni juga mengungkapkan 5 jenis surat suara beserta warnanya. Warna abu-abu untuk memilih Presiden dan Wakil Presiden,
Kuning untuk memilih Anggota DPR RI, merah untuk memilih Anggota DPD RI, biru untuk memilih Anggota DPRD Provinsi, serta yang ke lima, Warna hijau untuk memilih Anggota DPRD Kabupaten Ngawi.

“Sebagai penyelenggara kami wajib menyampaikan kepada masyarakat agar meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pemilu, termasuk kepada teman-teman guru honorer” tuturnya.

Pihaknya juga meminta bagi Pemilih untuk hadir tepat waktu, agar kemudian tidak ada ketergesa-gesaan dalam memiliih, tepat dengan pilihan hati.

Pihaknya juga menuturkan bahwa pada Pemilu Serentak kali ini benar-benar serentak berbeda dengan sebelumnya. Seperti diketahui, pada tahun 2014 Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden diadakan setelah Pemilihan Legislatif. Namun kali ini dibarengkan dengan Pemilu Legislatif.

Selain warna kertas surat suara pemilu yang akan ada 5 macam warna sesuai fungsinya masing-masing juga terkait kotak suara yang selama ini memakai bahan plat alumunium dan tak tembus pandang akan digantikan dengan kotak suara yang menggunakan bahan karton yang transparan, kedap air berbahan duplek.

Kotak suara jenis duplek dengan sisi depan  transparan ini merupakan bagian dari upaya KPU RI untuk mewujudkan proses demokrasi yang lebih transparan dan sesuai amanah Undang undang Pemilu. “Ketika surat suara dimasukkan maka akan terlihat karena ada sisi bagian depan yang transparan,” papar Sumarni selaku Divisi Parmas PPK Kec.Pitu. (smn div sos)

Check Also

49 KETUA KPPS DI WILAYAH KECAMATAN PITU DILANTIK DI HARI YANG SAMA

Pitu-www.kpu-ngawikab.go.id – Sebanyak 49 Ketua KPPS Sekecamatan Pitu Dilantik Pada Hari yang sama, Rabu, 30 …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *