Home / Berita PPK / PPK MANTINGAN : “WALAU NANTI BERKURANG, TETAP SOLID SUKSESKAN TAHAPAN”

PPK MANTINGAN : “WALAU NANTI BERKURANG, TETAP SOLID SUKSESKAN TAHAPAN”

Pegang Sumpah Janji, Tetap Solid  Formasi  PPK Mantingan dalam PILGUB 2018

Mantingan, www.kpu-ngawikab.go.id – Kamis (15/02/2018) PPK Mantingan (Panitia Penyelenggara Pemilu) mengikuti acara Sosialisasi dan Evaluasi Pembentukan PPK serta PPS untuk Pemilu 2019. Acara dilaksanaakan oleh  Kabupaten Ngawi bertempat di Hotel Sukowati. Acara tersebut merupakan acara wajib yang harus dihadiri oleh seluruh anggota dan sekretaris PPK.

Dalam acara ini, ada hal yang terasa berbeda. Biasanya acara-acaranya bertajuk sosialisasi ataupun bimtek (Bimbingan Teknis). Yang isinya tentu saja tentang pemberitahuan serta penjelasan soal teknis penyelenggaraan pemilu. Namun kali ini berbeda. Tema yang tertulisa adalah Sosialisasi dan Evaluasi.

Eni Nurjanah selaku Ketua Divisi SDM dan Parmas KPU Kab. Ngawi, yang menjadi pembicara utama dalam acara tersebut, mengungkapkan hal-hal yang membawa suasana berbeda.  “Kawan-kawan, acara hari ini mungkin berbeda dari biasanya. Hal yang akan saya sampaikan ini nantinya, berat bagi saya , namun harus saya sampaikan. Sebenarnya saya tidak tega namun ini sudah menjadi aturan.”

Apa yang disampaikan selanjutnya, seolah sudah bisa ditebak oleh mayoritas yang hadir. Karena  kabar ini sudah pernah disampaikan oleh Komisioner KPU Kabupaten Ngawi, meski belum formal dan masih sepintas lalu.   “Sesuai dengan Peraturan Perundangan-undangan tetang Penyelenggara Pemilu yang sudah kawan-kawan tahu, bahwa PPK dalam Pilgub kali ini nantinya ketika masuk tahapan Pemilu 2019, akan berkurang, dari lima menjadi tiga. Itulah aturan yang tidak bisa ditawar.”  Demikian lanjut Eni Nurjanah.

Sesuai tema acara, agenda beriutnya adalah evaluasi kinerja bersama. Dimana nantinya menjadi referensi bagi KPU untuk menentukan  nama-nama PPK guna mendukung tahapan Pemilu 2019.  Pada tahap evaluasi inilah, seluruh anggota diminta untuk mengevaluasi masing-masing temannya. Satu orang mengevaluasi empat orang. Dengan panduan quisioner dari KPU Kabupaten Ngawi.  Menurut beberapa peserta yang penulis temui di usai acara mengungkapkan,  pada momentum ini, terasa berat ketika harus menilai, ada rasa sungkan, tak tega, bahkan rasa ingin tetap bertahan dan lanjut. Semua bercampur menjadi satu. Apa mau dikata. Meski demikian, aturan tetaplah aturan dan itu harus dijalankan.

Menanggapi hal tersebut, Haryanto Ketua PPK Mantingan yang ditemui sepulang acara mengatakan bahwa semua sudah menjadi ketetapan, maka harus disikapi secara dewasa.   “Tenang, walaupun anggota PPK dari lima menjadi 3. Tak usah dipikir pusing dan jangan sampai membuat suasana kerja tidak sehat.  Mari kita tetap  fokus, pada tugas kita yang sekarang. Rampungkan, tuntaskan, kerja bareng. Mari tetap solidkan.”  Pesan Haryanto .  Kalimat itu membuat seganap PPK Mantingan lega dan tersenyum pertanda sepakat dengan apa yang diucapkannya.  “Mari Bicara Kontribusi Bukan Sebuah Posisi.”   demikian slogan PPK Mantingan. (Rendi)

Check Also

GERILYA SOSIALISASI DI KELOMPOK IBU-IBU SPP UPK DAPM KEDUNGGALAR

Kedunggalar, www.kpu-ngawikab.go.id  – Gegap gempita Pilgub Jatim 2018 sudah sangat terasa gaungnya di masyarakat. Ditambah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *