Home / Berita / PPK KARANGJATI RAKOR DENGAN PPS UNTUK PENYUSUNAN DPTb DAN DPK

PPK KARANGJATI RAKOR DENGAN PPS UNTUK PENYUSUNAN DPTb DAN DPK

 

Karangjati, www.kpu-ngawikab.go.id, iPanitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Karangjati mulai melakukan penyusunan daftar pemilih tambahan (DPTb) dan daftar pemilih khusus (DPK) pascapenetapan rekapitulasi daftar pemilih tetap (DPT) secara nasional untuk Pemilu 2019 pada pertengahan bulan Desember kemarin.

“Dengan telah ditetapkannya DPT, maka kami memasuki tahapan berikutnya yaitu penyusunan daftar pemilih tambahan dan daftar pemilih khusus,” ujar Galih Kurniawan Sabtu 21/12/18

Galih, Anggota PPK karangjati divisi Data tengah menyampaikan paparannya.

Galih menjelaskan, data dalam DPTb adalah pemilih yang sudah terdaftar di DPT suatu tempat pemungutan suara (TPS) yang karena keadaan tertentu tidak bisa menggunakan hak pilihnya di TPS bersangkutan.

Dia mencontohkan, pemilih pindahan pada hari pemungutan suara tidak bisa menggunakan hak pilihnya di tempat asalnya sesuai e-KTP.
“Misalnya mahasiswa, santri, atau pekerja yang tidak mungkin pulang ke kampung halamannya meski diliburkan. Mereka tidak dapat pulang ke rumah asal sesuai e-KTP, nah mereka itu yang nantinya mengurus daftar pemilih pindahan,” ungkap dia.

Selain itu, pemilih menjalani rehabilitasi narkoba, menjadi tahanan di rumah tahanan atau lembaga permasyarakatan, tugas belajar/menempuh pendidikan menengah atau tinggi, pindah domisili, dan/atau tertimpa bencana alam.

Galih mengatakan pemilih yang masuk kategori pemilih DPTb harus menunjukkan e-KTP atau surat keterangan dan salinan bukti sudah terdaftar sebagai pemilih dalam DPT di suatu TPS. Nanti, petugas pemungutan suara di tempat tujuan akan memberikan formulir model A5-KPU.

Lebih lanjut, Galih menjelaskan bahwa daftar pemilih khusus (DPK) adalah pemilih yang tidak terdaftar sebagai pemilih dalam DPT dan DPTb, tapi memenuhi syarat sebagai pemilih.

Pada saat pemungutan suara, pemilih yang masuk kategori DPK dapat menggunakan hak pilihnya dengan menunjukkan e-KTP. “Pemilih dalam DPK didaftar di TPS sesuai dengan alamat yang tertera dalam e-KTP,” pungkas dia. (maftukin)

Check Also

KERJA MARATHON BARENG KPU NGAWI, INI KOMENTAR OPERATOR SITUNG

Ngawi, www.kpu-ngawikab.go.id, Jumat (10/5/2019) – Keberadaan Aplikasi SITUNG (Sistem Informasi Penghitungan Suara) pada pemilu 2019, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *