Home / PPK KARANGJATI MENGADAKAN BIMBINGAN PENGISIAN FORMULIR HASIL COKLIT

PPK KARANGJATI MENGADAKAN BIMBINGAN PENGISIAN FORMULIR HASIL COKLIT

aktifitas petugas data coklit

Karangjati, www.kpu-ngawikab.go.id – Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Karangjati memberi bimbingan kepada seluruh Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang betugas entri data. PPS dilatih cara  pengisian data pemilih yang sesuai formulir yang telah ditetapkan.

“Sebanyak 34 orang dari 17 desa se kecamatan karangjati dilatih  tata cara pengisian data pemilih setelah proses percocokan dan penelitian (Coklit) yang dilakukan oleh Petugas Pemutaakhiran Data Pemilih (PPDP)” kata Divisi Perencanaan Data PPK Karangjati Galih Setiawan Senin 12/02/2018.

Menurutnya, pelatihan yang dilakukan, terkait materi tata cara entri pemilih dari formulir A-KWK ke empat formulir data pemilih hasil proses penelitian dan pencocokan (Coklit). Yang harus di entri atau dimasukan ke formulir AB-KWK atau daftar perubahan dari hasil pemutaakhiran. Selain itu formulir A1-KWK atau rekapitulasi data pemilih sementara yang nantinya diolah lagi oleh PPS dan juga formulir AC-KWK atau data pemilih potensial Non KTP Elektronik.

Galih menjelaskan pembekalan pada anggota PPS merupakan langkah awal sebelum melakukan pengisian data pemilih. Juga sebagai wahana memberikan penguatan serta tambahan pemahaman kepada setiap anggota Badan Ad-Hock untuk mejalankan tugas memasukan data pemilih jelang Pilgub Jawa Timur pada 27 Juni nanti.

Divisi SDM dan Parmas Maftukin berujar bahwa pelatihan ini sangat baik,  mengingat mayoritas PPS adalah personil baru.  ”mengingat dari PPS se Kecamatan Karangjati, 70% adalah baru maka baik sekali bimbingan ini. Dan menariknya, yang bertugas entri data, kebanyakan perempuan, diharapkan nantinya lebih cermat dan teliti”

Ditambahkannya, PPK Karangjati juga aktif melakukan pendampingan ke desa-desa sesuai pembagian dari 5 anggota PPK. ini juga sesuai dengan motto KPU melayani, dimana termasuk jajaran KPU harus berkomitmen yang sama. (Maftukin)