Home / Catatan Kecil / PPDP ADALAH PAHLAWAN DATA

PPDP ADALAH PAHLAWAN DATA

Catatan Kecil, www.kpu-ngawikab.go.id – Masa tugas PPDP  telah berakhir per tanggal 18 Februari 2018. Banyak cerita dan pengalaman mengesankan dari para petugas PPDP. Baik kisah menyenangkan, karena bisa terlibat dalam tahapan demokrasi, maupun keluh kesah atas kesulitan yang dijumpai.

Pemutakhiran Data Pemilih adalah sebuah kerja dan tanggungjawab yang berat. Selain kepada penyelenggara, ini juga menjadi beban kepundak para PPDP dalam menghimpun data pemilihan. Dari mencoklit, merekap dan memvalitkan data. Sementara, sesuai anggaran dari penyelenggaraan Pemilihan, bisa dibilang, imbalan untuk  merekapun  pas-pasan atau bahkan kurang jika dibanding kebutuhan akomodasi atau transportasi. Dan tentunya jauh dari UMR. Namun mereka tetap melaksanakan tugas dengan baik. Bagi Penyelenggara Pemilihan, termasuk PPK Pangkur,mereka adalah para pahlawan data.

PPK Pangkur bersama Panwaslihcam monitoring PPDP yang tengah melakukan pendataan.

Masih terngiang, ungkapan kata  dari Komisioner  KPU Ngawi  Sasthaputra Pramudya W., S.T. (Divisi Perencanaan dan Data) tentang pentingnya PPDP. Sehebat apapun IT , PPS, hingga PPK, maka tak akan berarti ketika data dari pemungut data (PPDP) hasilnya amburadul dan Kacau.

Bukan jamannya lagi PPDP diatas meja, bukan eranya  lagi main perkiraan dan sok tahu data pemilih. PPDP  jaman now  harus door to door, akurat. Karena tidak sekedar mendata pemilih, namun juga ada tugas sosialisasi. Bahkan, disisi lain juga membantu menginventarisir penduduk yang belum  KTP-el.

Data pemilih tetap (DPT ) adalah elemen pokok dan mendasar dalam sebuah pesta demokrasi . Dari DPT akan menjadi dasar hitungan , dapil,kursi ,logistik dan lain. Ia juga banyak digunakan sebagai alasan gugatan dalam persidangan bagi calon yang kalah .

Maka kita patut berbangga dan mengapresiasi kerja para Cokli  tercoklit. Tentunya kita semua juga sepakat bahwa PPDP merupakan ujung tombak dan Duta KPU dalam bersosialisasi yang bersis keluarga dan Pahlawan  data. Maka tidak ada salahnya bila PPDP mendapat piagam penghargaan.  Dan lebih syukur lagi jika imbalan untuk mereka PPDP,  lebih diperhatian. Salam hormat untuk PPDP !! tanpa anda, kami tak mendapatkan kevalidan data.

ditulis oleh Januri, PPK Pangkur

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *