Home / Berita / TPS 17 MELAKSANAKAN PEMUNGUTAN SUARA LEBIH AWAL

TPS 17 MELAKSANAKAN PEMUNGUTAN SUARA LEBIH AWAL

Karangjati, www.kpu-ngawikab.go.id –  Kamis (21/3/2019), menjadi hari pelaksanaan Pemungutan Suara di TPS 17 yang berada di Jl. Raya Ngawi Caruban, Karangjati.

Rangkaian kegiatan pemungutan suara tersebut dimulai pada jam 07.00 pagi, setelah KPPS melakukan sumpah janji dan pembukaan isi kotak suara. Kegiatan diperhatikan segenap saksi dan pengawas TPS.

Demikian sekilas awal kegiatan simulasi pemungutan suara, di TPS 17 Desa Demokrasi,  Kecamatan Aspirasi.  Simulasi dilaksanakan oleh KPU Kabupaten Ngawi. Acara dihadiri PPS dari 5 Kecamatan, meliputi Karangjati, Padas, Bringin, Kwadungan dan Pangkur. Dimana wilayah tersebut, masuk dalam Dapil 2 Pemilihan DPRD Kabupaten Ngawi.

Ruangan Rumah Makan Sekarsari menjadi disulap sebagai Tempat Pemungutan Suara atau TPS. PPS memerankan sebagai petugas KPPS dan saksi. Sementara lainnya, menyaksikan kegiatan dengan duduk melingkar, untuk menangkap pesan setiap adegan simulasi.

Eddy Sukamto Sekretaris KPU Kabupaten Ngawi memandu kegiatan bersama Komisioner, Prima Aequina, Eni Nurjanah, serta Aman Ridho Hidayat.

Kegiatan simulasi menjadi media latihan dan praktek langsung dalam pemungutan hingga penghitungan suara.  Simulasi sendiri,  dilaksanakan secara maraton oleh KPU Kabupaten Ngawi. “Kami berharap ini menjadi gambaran pelaksanakan Pemungutan dan Penghitungan suara yang akan kita laksanakan. Kami meminta PPS untuk memperhatikan betul, sehingga paham, dan bisa menjelaskan kepada KPPS di wilayah masing-masing.” Pesan Aman Ridho Hidayat, anggota KPU Kabupaten Ngawi yang membidangi Teknis Penyelenggaraan.

Dari pantauan kpu-ngawikab.go.id, PPS antusias mengikuti kegiatan, terlebih bagi yang belum pernah menjadi KPPS. Seperti diketahui, tidak setiap PPS pernah menjadi KPPS, maka pemahaman detail harus dimiliki semua PPS. Agar mudah dan tepat saat tranfer pengetahuan kepada KPPS.

Sejauh ini,  KPU Kabupaten Ngawi trlah mengadakan dua simulasi,  pertama di Lingkup internal,  dan kedua pada PPK PPS di wilayah dl Dapil 1. Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara masih akan terlaksana untuk Dapil 3,4,5 dan 6.  (bim)

Check Also

KERJA MARATHON BARENG KPU NGAWI, INI KOMENTAR OPERATOR SITUNG

Ngawi, www.kpu-ngawikab.go.id, Jumat (10/5/2019) – Keberadaan Aplikasi SITUNG (Sistem Informasi Penghitungan Suara) pada pemilu 2019, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *