Home / Berita / PEMBAGIAN ZONA KAMPANYE  RAPAT UMUM, NGAWI MASUK DI  ZONA 1

PEMBAGIAN ZONA KAMPANYE  RAPAT UMUM, NGAWI MASUK DI  ZONA 1

Ngawi, www.kpu-ngawikab.co.id –  Tahapan masa kampanye Pilgub Jatim 2018 telah dimulai. Sesuai regulasi, diantara bentuk kampanye yang diperbolehkan salah-satunya adalah Kampanye berbentuk Rapat Umum. Rapat umum terbuka disini dengan pengertian adalah rapat yang digelar pasangan calon bersama masyarakat secara terbuka.

Terkait pelaksanaan Rapat Umum ini, KPU Jawa Timur membagi dua zona . Mengingat di Jawa Timur terdapat 38 Kabupaten/Kota maka pembagian zona masing-masing terdiri dari 19 kabupaten/Kota.

Zona barat (Zona 1) terdiri dari Kabupaten Lamongan, Tuban, Bojonegoro, Mojokerto, Jombang, Nganjuk, Kediri, Blitar, Tulungagung, Trenggalek, Ponorogo, Pacitan, Magetan, Ngawi, Madiun, Kota Madiun, Kota Blitar, Kota Kediri dan Kota Mojokerto.

Sedangkan untuk zona timur (zona 2) terdiri dari Kabupaten Gresik, Sidoarjo, Pasuruan, Malang, Lumajang, Kabupaten Probolinggo, Bondowoso, Jember, Situbondo, Banyuwangi, Bangkalan, Sampang, Pamekasan, Sumenep, Kota Pasuruan, Kota Probolinggo, Kota Malang, Kota Batu dan Kota Surabaya.

Sehubungan dengan hal tersebut, anggota KPU Kabupaten Ngawi, Eni Nurjanah (Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat)  saat ditemui dikantornya Jumat Pagi (23/02/2018), mengungkapkan dasar rujukan pembagian Zona. Pembagian dua Zona didasari karena jumlah paslon dalam Pilgub Jatim adalah dua Pasangan Calon. Sedangkan guna lebih memudahkan metode kampanye kedua pasangan calon, maka pembagian zona juga telah disesuaikan dengan geografis wilayah kabupaten/Kota.

Komisioner KPU Ngawi Eni Nurjanah.

Sementara itu, terkait waktu kampanye, KPU Propinsi Jawa Timur tidak mengatur jadwal kapan rapat umum akan dilaksanakan. Pihak Paslonlah yang memilih waktunya. Nantinya pelaksanaanya bergantian, dimana paslon nomor urut 1 di zona 1, dan Paslon 2 di zona 2. Untuk kemudian berganti wilayah.  Masing-masing calon hanya diperbolehkan melakukan rapat umum satu kali di tiap daerah yang akan dipilih. Sehingga hanya diperbolehkan menggelar rapat umum sebanyak dua kali.

Sesuai tahapan kampanye, terdapat 119 hari masa kampanye. Dari masa tersebutm dibagi dua tahap waktu. Tahap pertama  adalah  pada 64 hari  pertama masa kampanye.   Dimana  Pasangan Calon 1 berada di zona  1,  dan Pasangan Calon  2 berada  di zona 2. Berikutnya,   pada 65 hari terakhir masa kampanye,  Pasion  1 berada di zona 2 dan  Pasion 2 berada di zona 1. (bim)

Check Also

KPU KABUPATEN NGAWI LAKSANAKAN SORTIR DAN PELIPATAN SURAT SUARA

Ngawi, www.kpu-ngawikab.go.id – Cerahnya udara Kota Ngawi pada Selasa pagi (22/05/18), menjadi awal hari pelaksanaan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *