Home / Berita / PARTISIPASI PEMILIH DI KABUPATEN NGAWI DALAM PILGUB JATIM MENINGKAT

PARTISIPASI PEMILIH DI KABUPATEN NGAWI DALAM PILGUB JATIM MENINGKAT

Ngawi, www.kpu-ngawikab.go.id –  Kamis  (5/07/2018) Gelaran Pemilihan Gubernur Wakil Gubernur Jawa Timur telah usai.  Di Kabupaten Ngawi, ini ditandai dengan  rekapitulasi tingkat Kabupaten pada Kamis 5 Juli 2018. Kegiatan dilaksanakan di Notosuman Hall Watualang Ngawi.

Dari rekapitulai tersebut diketahui pula  tingkat partisipasi  warga Kabupaten Ngawi dalam menggunakan hak pilih pada pilgub 2018.  Pada tahun ini, angka partisipasi pemilih di Kabupaten Ngawi menunjukkan peningkatan.

Pada Pilgub 2018 ini, partisipasi pemilih mencapai 68,05 %. Angka ini cenderung meningkat, dibanding dengan Pilgub 2013 yang memiliki angka partisipasi dengan prosentase  58,23%  dari jumlah pemilih terdaftar. Sementara itu, pada pilgub tahun 2008 partisipasi mencapai  59,06 %  pada putaran pertama, serta 51,58 % pada putaran kedua. Hal ini seperti diungkapkan Ketua KPU Ngawi Syamsul Wathoni setelah usai Rapat rekapitulasi penghitungan suara KPU Kabupaten Ngawi dilakukan.

Pria yang akrab disapa Pak Toni tersebut menambahkan  bahwa  angka partisipasi masyarakat dalam suatu pemilihan, harus diukur dengan jenis pemilihan yang sama. Yaitu Pemilihan Gubernur dengan Pemilihan Gubernur tahun sebelumnya, Pemilihan Bupati dengan Pemilihan Bupati tahun sebelumnya dan Pemilu Legislatif dengan Pemilu Legislatif tahun sebelumnya. Maka untuk membandingkan prosentase partisipasi Pilgub jatim tahun 2018 ini dengan melihat prosentase partisipasi pada Pilgub jatim tahun 2013.

Sementara itu, Eni Nurjanah anggota KPU Kabupaten Ngawi yang membidangi partisipasi masyarakat mengungkapkan bahwa secara kualitas partisipasi Masyarakat di Kabupaten Ngawi semakin baik dan berkualitas. Eny mencontohkan bahwa pemilih saat ini lebih aktif untuk melihat hak pilihnya dalam DPT, aktif mengurus Pindah memilih dan berjuang untuk mendapatkan KTP elektronik agar bisa mengikuti Pemilihan.

“KREATIF” KPPS Piala Dunia di Brangol Karangjati (Foto Koleksi PPK Karangjati)

Bu Eny juga menambahkan bahwa berapapun angka partisipasi yang dicapai, ini adalah hasil akhir dari kerja keras semua pihak. Baik KPU Kabupaten Ngawi, PPK, PPS,  Relawan Demokrasi dan berbagai pihak dalam mendukung sosialisasi. Meski tak mencapai target namun pihaknya tetap bersyukur, bahwa prosesntase meningkat disbanding pilgub di periode sebelumnya. (red)

Check Also

PPK WIDODAREN OPTIMIS SUKSESKAN PEMILU 2019

Ngawi, www.kpu-ngawikab.go.id – Ketua KPU Kabupaten Ngawi meminta PPK Widodaren tetap semangat dan menjalankan tahapan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *