Home / Berita / MENILIK SOSIALISASI OLEH RELAWAN DEMOKRASI BASIS KEAGAMAAN

MENILIK SOSIALISASI OLEH RELAWAN DEMOKRASI BASIS KEAGAMAAN

Ngawi, kpu-ngawikab.go.id, Minggu (10/2/2019)

Minggu sore itu, mendung menggantung di atas kota Ngawi. Tak lama  kemudian  turun gerimis rintik, saat Mushola Assalam yang berada diujung Timur Gang Wilis Jalan Ronggowarsito Ngawi, sudah dipadati jamaah ibu-ibu.

Dari luar  terdengar suara tausiah dari seseorang ustads melalui speaker aktif didalam mushola.  Itulah suara Ferri Tri Efendi yang mengisi kajian pada jamaah Mushola As Salam. Tema tausiah yang dipilih sore itu adalah bagaimana menjadi pribadi Ikhsan. Secara khusus, dia mengajak setiap pribadi untuk bisa merasa dibersamai oleh Allah. Baik dalam Sholat maupun dalam beraktifitas sehari-hari. Sehingga bisa senantiasa memiliki kebersihan hati dan fokus dalam kebaikan.  Karena merasa diri selalu dilihat oleh Allah, dengan segala limpahan kasih dan sayangnya. Maka  sudah seharusnya hamba tidak menduakan hati dengan hal-hal duniawi.

Bachrul Arifin dan Ferri Tri Efendi

Ibu-ibu tampak antusias menyimak penyampaian Ferri. Ini bisa jadi karena penyampaian  dengan bahasa akrab sehingga terasa dekat dengan jamaah. Ferri  sendiri hadir di tempat tersebut, sebagai salah satu dari Relawan Demokrasi. Ia hadir bersama ke empat rekannya, yaitu  Nursalim, Ardhiatma, Sri Wahyuningsih, dan Bachrul Arifin. Mereka adalah 5 diantara 55 orang relawan demokrasi di Kabupaten Ngawi, yang mendedikasikan sebagian waktunya untuk sosialisasi kepada masyarakat agar  menggunakan hak pilihnya dalam Pemilu Serentak 2019. Sedangkan mereka berlima, merupakan relawan demokrasi dari basis keagamaan, yang memperioritaskan kegiatan sosialisasi di berbagai kegiatan umat beragama.

Nursalim saat menyampaikan sosialisasi Surat Suara

Seusai Ceramah singkat, selanjutnya Relawan lainnya yang bernama Bachrul Arifin yang bertugas menjadi pembawa acara, mempersilakan kepada  Nursalim untuk menyampaikan sosialisasi Pemilu 2019. Pria yang akrab disapa Pak Nur tersebut,  menyampaikan secara sederhana tentang tujuan pemilu. Dilanjutkan penjelasan tentang peserta pemilu, jenis surat suara, serta ajakan untuk ke TPS pada tanggal 17 April 2019.

Diapun sempat  meminta jamaah untuk memperhatikan setiap informasi yang disampaikan, karena nantinya ada kuis berhadiah dengan pertanyaan seputar informasi yang dia paparkan. Saat penyampaian oleh Pria  dari Kwadungan tersebut,  diluar, hujan turun lumayan deras. Meski demikian respon dan antusiasme peserta masih tinggi.

Antusiasme peserta dalam sesi kuis

Usai paparan materi sosialisasi oleh Pak Nursalim. Sang pembawa acara kemudian memberikan kesempatan kepada ibu Sri Wahyuningsih, untuk mengajak peserta bermain kuis. Pertanyaan seputar peserta pemilu,  waktu pemungutan suara, serta undangan memilih atau formulir C6. Dalam hal ini relawan lain yang juga koordinator, Ardhiatma,  hari itu bertugas  mengulang pertanyaan serta menyerahkan hadiah kepada peserta, termasuk yang berada di serambi Mushola.

Tokoh Masyarakat setempat, Haji Rifai berbaju putih mendukung sukses Pemilu 2019

Cuaca masih gerimis, saat sosialisasi berakhir. Dalam grimis rintik , bimo yang juga bagian dari tim sosialisasi dari KPU Kabupaten Ngawi, berkenan membantu mengambil gambar kebersamaan Minggu sore itu. Dokumentasi nantinya menjadi  gambaran komitmen untuk menyukseskan bersama agenda demokrasi, 17 April 2019 nanti.

Anggota Kelompok Relawan Demokrasi Basis Keagamaan, Bu Sri Wahyuningsih kepada kpu-ngawikab.go.id mengungkapkan bahwa mereka senantiasa menjaga kekompakan. Dan mengupayakan kebersamaan dalam sosialisasi. “Rencana kami bicarakan inten berlima, demikian juga pelaksanaannya. Dalam satu sosialisasi, dimana kami berlima hadir, maka kami membagi tugas, sehingga semua terlibat. Meskipun kami juga memiliki banyak kegiatan masing-masing namun koordinasi dan pertemuan, kami upayakan bisa rutin dilakukan.  Acara sosialisasi tersebut, terlaksana dengan  dukungan dari Haji Rifai, tokoh masyarakat setempat. Yang juga sering menjadi imam Mushola As Salam.(red)

Check Also

KOMUNITAS PECINTA SEPEDA ONTHEL SIAP SUKSESKAN PEMILU

Ngawi, kpu-ngawikab.go.id – Relawan basis komunitas  terus bergerak memberi kabar tentang Pemilu Serentak. Berbagai kelompok …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *