Home / PPK Kwadungan / Yeni Gustin, satu-satunya perempuan PPK divisi data di kabupaten ngawi : “DUKUNGAN SUAMI MEMPERLANCAR KINERJA SAYA”

Yeni Gustin, satu-satunya perempuan PPK divisi data di kabupaten ngawi : “DUKUNGAN SUAMI MEMPERLANCAR KINERJA SAYA”

“SIGAP” –  Yeni Gustin saat memandu Pleno Data Pemilih

Kwadungan, www.kpu-ngawikab.go.id,  Srikandi Data begitulah kata yang cocok untuk menggambarkan sosok Yeni Gustin, Divisi Data PPK Kwadungan. Betapa tidak, dia adalah perempuan satu-satunya yang menjadi divisi data dalam Penyelenggaraan PILGUB tingkat kecamatan atau PPK. Divisi data memiliki peran penting dalam partisipasi pemilih dalam menggunakan haknya. Dari Coklit atau pencocokan penelitian data pemilih, hingga menjadi Daftar Pemilih Tetap membutuhkan tangan terampil, dan pemikiran  teliti seorang divisi data.

Yeni begitu ia biasa dipanggil, memulai debutnya didunia kepemiluan di wilayah Kabupaten Ngawi . pada tahun 2015, dalam perhelatan Pemilihan Bupati Wakil Bupati Ngawi. Pada tahun 2018 ini, Yeni kembali terlibat penyelenggaraan Pemilihan dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur  2018. Keberadaan Yeni menjadikan lengkap komposisi antar divisi di PPK Kwadungan.  Rekan kerja Yeni yang juga ketua PPK mengapresiasi kinerja Yeni “Yeni memang pekerja keras dan tangguh, termasuk dalam kegiatan mengelola data. Ia juga mau belajar hal hal baru” tutur Eko Pujianto.

“KIDMAD” – Hadirin Simak Serius Penjelasan Srikandi Data

Ketangguhannya juga sangat nampak pada Rapat Pleno DPHP di Pendopo Kecamatan Kwadungan. Setiap alur data dijelaskan dengan runtut membuat seluruh peserta fokus dan enggan mengalihkan pandangan, dalam mencermati laporan dan materi pleno data pemilih tersebut.  Tidak hanya itu pada setiap lembur di sekretariat PPK Kwadungan ibu dua akan ini sangat tangguh baik secara fisik maupun mental.  “mbak yeni seperi tidak kenal lelah kalau berhubungan dengan  data pemilih“ ujar Deddy Kurnia Divisi Keuangan Umum dan Logistik PPK Kwadungan.

“KUALITAS WAKTU”  Saat waktu tak lagi longgar, maka kualitas kebersamaan begitu berharga

Bagaimana dengan sisi lain Yeni, berikut sebagian hasil perbincangan Teguh dan Bimo dari kpu-ngawikab.go.id, dengan perempuan yang tinggal di Tirak Kwadungan bernama  lengkap Yeni Gustin Widhiawati ini.

Anda memulai menjadi penyelenggara pemilihan pada tahun 2015, dan sebelumnya belum pernah terlibat baik di KPPS maupun PPS. Ini menarik, Bagaimana pengalaman di awal menjadi PPK dulu?

Yeni       : ”Jujur saja, awalnya Iya bingung, tetapi itu semua bisa berjalan lancar karena  adanya teman-teman PPK juga saling melengkapi. Disisi lain, juga didukung oleh suami yang open. Terbuka untuk kegiatan yang akan saya pilih. asalkan saya bisa melaksanakannya dengan baik. Kala awal di PPK, sayapun memulai  bekerja sembari belajar, sehingga bisa menjalani enjoy”

Apa yang ingin anda ungkapkan untuk suami atau keluarga?”

Yeni       : “Kalau bicara tentang keluarga, saya sangat berterimakasih kepada Suami , juga anak-anak yang telah memahami kegiatan saya, termasuk sebagai anggota PPK.”

Apakah suami dan anak-anak awalnya tidak kaget dengan aktifitas sebagai PPK, apalagi bidang data?

Yeni       : ”Suami  dan anak-anak sudah biasa dengan jam kerja saya, ini berawal kegiatan saya yang sehari-hari di lembaga ekonomi berbasis pemberdayaan masyarakat. Dari sana bermula kebiasaan bekerja sepenuh waktu. Sehingga sekarang sudah biasa meski termasuk jika harus ke desa desa di sore maupun malam hari. Dengan kata lain, dukungan suami saya memperlancar kerja saya. ”

kalau tentang lembur bagaimana?

Yeni       : “tentang lembur saya ada trik khusus agar sama-sama jalan, antara pekerjaan dan tidak mengganggu kebersamaaan dengan keluarga. Dimana, untuk lembur saya akan lembur dirumah. Jika ada agenda lembur bersama terkait data, maka kami PPK mengundang rekan-rekan, termasuk PPS agar lembur dirumah saya. Ini sebagai penghormatan saya kepada suami dan anak-anak. Mengingat saya perempuan sendiri, maka saya meminta agar kegiatan lembur data, diadakan dirumah saya. Dengan demikian, keluarga malah mendukung penuh.

“MUTIARA KEHIDUPAN” Keluarga bagi Yeni adalah Mutiara Kehidupan

Demikian, rubrik sisi lain  tulisan teguh dan bimo dari kpu-ngawikab.go.id, dari tulisan ini sedikit banyak dapat disimpulkan, bahwa pekerjaan jangan sampai mengganggu kualitas waktu bersama keluarga. Disisi lain, tidak salah jika PPK Kwadungan menempatkan Yeni, ibu dengan dua buah hati tersebut, sebagai divisi data  PPK Kwadungan. bagaimana pendapat anda?

(teguh,bimo, foto koleksi Yeni Gustin)

 

Check Also

JOGEDPUN BOLEH, ASAL TAK MENGGANGU SUBSTANSI PEKERJAAN

sisi lain : JOGEDPUN BOLEH, ASAL TAK MENGGANGU SUBSTANSI PEKERJAAN Widodaren, www.kpu-ngawikab.go.id – Melaksanakan tugas …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *