Home / Berita / LAYANI RIBUAN SANTRI, POSKO PEGECEKAN DATA PEMILIH (DPTB) OLEH KPU KAB. NGAWI, DAPAT APRESIASI OLEH KPU RI

LAYANI RIBUAN SANTRI, POSKO PEGECEKAN DATA PEMILIH (DPTB) OLEH KPU KAB. NGAWI, DAPAT APRESIASI OLEH KPU RI

Suasana layanan Posko

Ngawi, kpu-ngawikab.go.id – KPU Kabupaten Ngawi melakukan upaya strategis dalam memaksimalkan validasi data pemilih. Diantara yang dilakukan adalah mendirikan posko  layanan data pemilih di pondok Pesantren Gontor Putri Mantingan. Ini merupakan wujud  sinergi dengan pengelola pondok pesantren untuk memastikan partisipasi warga pesantren dalam Pemilu 2019.

Keberadaan posko layanan sendiri mendapatkan sambutan luar biasa dari santri pondok. Bahkan serbuan santri sempat membuat kelabakan petugas di Posko di hari pertama pada Sabtu lalu (2/2/2019). Hal ini membuat Ketua KPU Kabupaten Ngawi mengambil  langkah sigap. PPK dari berbagai kecamatan lain, diminta untuk turut melayani di Posko. “Saya langsung mengintrusikan kepada seluruh PPK se Kab Ngawi untuk ikut membantu. Karena ini bukan hanya kepentingan PPK Mantingan saja, namun kepentingan kita bersama sebagai penyelenggara.” tutur Syamsul Wathoni, Ketua KPU Kabupaten Ngawi.

Hasyim Asy’ari. Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia

Langkah ini mendapatkan apresiasi dari Hasyim Asy’ari, Anggota Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia. Bahkan hal tersebut disampaikan secara luas dalam akun twitter Hasyim Asy’ari.

“Selamat & sukses buat kawan-kawan @kpungawi Jawa Timur yg telah bersusah-payah mendaftar santri-santri Pondok @PMGontor Putri 1, 2 & 3 di Kab Ngawi ke dalam DPTb utk Pemilu 2019. Semoga tambah barakah. @KPU_ID @bawaslu_RI” demikian tulisnya.

Apresiasi tersebut menjadi support sendiri bagi KPU Kabupaten Ngawi serta segenap penyelenggara, terutama para petugas di Posko. Posko yang digawangi PPK Mantingan, PPS Sambirejo serta didukung PPK dari diberbagai Kecamatan lain tersebut memiliki beberapa tugas terkait data pemilih. Petugas membantu mengecek identitas santri apakah sudah terdaftar di DPT atau belum, kemudian selanjutnya akan dibantu untuk pembuatan surat pindah coblos dengan Form A5.

Proses pengecekan dan penerbitan Form A5 dengan antusiasme yang demikian tidaklah mudah. Namun dengan dukungan PPK lain, amanah menjadi ringan. Di tingkatan PPK Mantingan mentargetkan Posko Pemilu ini beroperasi selama 5-7 hari. “Karena jumlah santri menurut pengelola Pondok Gontor Ptri, sejumlah 2500 – 3000 santri. Maka dari itu kami bertugas sampai pari purna, sampai  semua santri terlayani dengan baik.” ujar Hariyanto Ketua PPK Mantingan. Hariyanto menyampaikan terimakasih kepada pengelola Gontor Putri yang telah menyiapkan sarana selama posko ini dibuka.

Pondok Gontor putri merupakan salah satu pondok putri terbesar di Indonesia. Pondok yang berada di wilayah Kecamatan paling barat di Kabupaten Ngawi tersebut, diresmikan pada  31 Mei 1990 oleh Menteri Agama Republik Indonesia H. Munawir Syadzali pada masa itu. Dimana peresmiannya juga dihadiri Duta Besar Republik Arab Mesir, Atase Kebudayaan Mesir, dan berbagai tokoh termasuk keluarga besar Pondok Modern Darussalam Gontor. (bm)

Check Also

KOMUNITAS PECINTA SEPEDA ONTHEL SIAP SUKSESKAN PEMILU

Ngawi, kpu-ngawikab.go.id – Relawan basis komunitas  terus bergerak memberi kabar tentang Pemilu Serentak. Berbagai kelompok …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *