Home / Berita / KPU TERUS OPTIMALKAN PENGGUNAKAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM PENYELENGGARAAN PEMILU

KPU TERUS OPTIMALKAN PENGGUNAKAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM PENYELENGGARAAN PEMILU

Ngawi,www.kpu-ngawikab.go.id – Penggunakan teknologi informasi dalam  penyelenggaraan Pemilu terus dioptimalkan.  Setelah berbagai aplikasi, selanjutnya dalam tahapan Pencalonan DPR – DPRD KPU RI menyajikan aplikasi SILON. Dengan aplikasi tersebut, selanjutnya KPU akan mempublikasikan data-data terkait calon, ini untuk kepentingan bakal caleg itu sendiri. Dimana masyarakat akan mudah mengetahui sosok bakal wakil rakyat yang akan dipilihnya nanti.

Staf pendukung bidang teknis yang juga salah satu dari operator SILON KPU kabupaten Ngawi, Bimo Wartono menyampaikan, bahwa operator dari setiap partai, akan memasukkan data secara online, meliputi riwayat hidup, pendidikan, hingga pekerjaan bakal calon. Disisi lain juga akan diketahui jumlah dan siapa saja yang diajukan oleh partai sebagai bakal calon. Setelah masuk data pengajuan bakal calon, nantinya tim verifikasi KPU akan mengadakan penelitian administrasi.  Dalam penelitian administrasi tersebut, akan di cek keabsahan serta dilakukan pencocokan data yang diserahkan dengan data yang di unggah lewat aplikasi SILON.

Masa pendaftaran dimulai tanggal 4 sampai tanggal 17 Juli 2018.  Aturan ini terdapat dalam PKPU No 21 Tahun 2018,  Tentang Pencalonan Peserta Pemilihan Umum Anggota Dewan Perwakilan Rakyat, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi, Dan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten/Kota. (rkh)

Check Also

PPK KARANGJATI BESERTA PPS SERENTAK BUKA POSKO GMHP

Foto Dokumentasi PPK Karangjati   Share on: WhatsApp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *