Home / Berita / KPU RI Louncing Portal Sidalih Melalui Video Conference

KPU RI Louncing Portal Sidalih Melalui Video Conference

foto : http://kpu.go.id/index.php/post/read/2017/6317/Sidalih-Pilkada-2018-Kembali-Dibuka-Arief-Minta-Masyarakat-Aktif-Cek-Data-Pemilih

Jakarta, kpu-ngawikab.go.idPada hari Selasa, 11 Juli 2017, tepat pukul 11.00 Wib, KPU RI secara resmi melaunching Peluncuran Sistem Informasi Data Pemilih (Sidalih) dan video conference dengan KPU Provinsi Jawa Timur, Jawa Tengah, Gorontalo, Jambi dan Bali akan dilanjutkan dengan live streaming FGD Evaluasi Tahapan Pemungutan dan Penghitungan, serta Rekapitulasi Penetapan Hasil Pilkada 2017 yang bisa disaksikan langsung oleh masyarakat luas melalui akun resmi Facebook KPU Republik Indonesia.

Kegiatan telekonference dengan jajaran KPU Provinsi Se-Indonesia dengan media live streaming dan media facebook ini dilaksanakan di Gedung KPU RI dengan dihadiri oleh  Arif Budiman, Ketua KPU RI didampingi oleh Anggota KPU RI, Bawaslu, Ketua DKPP dan unsur dari Kemendagri. Upaya ini dilakukan oleh KPU RI sebagai media optimalisasi koordinasi dan pemantauan untuk mutarlih berkelanjutan agar semakin optimal dan sesuai tahapan.

Peluncuran sidalih ini menurut ketua KPU RI merupakan tanda telah dibukanya informasi data pemilih yang dapat diakses secara luas bagi penyelenggara pemilu, peserta pemilu dan masyarakat atau pemilih. Masyarakat luas yang menjadi Pemilih dalam pemilu dapat melihat apakah mereka sudah masuk dalam daftar pemilih atau belum. “kami melaksanakan kegiatan ini sebagai upaya agar data pemilih akurat, benar dan akuntabel. Portal Sidalih ini bisa diakses oleh masyarakat luas, sehingga masyarakat melihat sudah terdaftar dalam DPT atau belum. Masyarakat juga bisa melaporkan ke KPU Kabupaten dan Kota ketika belum masuk dalam daftar pemilih, “ tutur Arif Budiman Ketua KPU RI usai acara peluncuran penggunaan sidalih.

 Sementara itu, Hariyono yang merupakan ketua DKPP menyampaikan bahwa pelayanan dan transparansi harus dibuka seluas-luasnya untuk publik dan pemilih. Dia juga menegaskan kembali bahwa penyelenggara pemilu, KPU dan Bawaslu harus selalu menjaga dan meningkatkan kapabilitas penyelenggaraan pemilu. Media koordinasi seperti ini juga harus sering dilakukan sebagai media koordinasi dan kontrol atas informasi dari daerah daerah, pungkasnya. (TA)

Check Also

PPK KARANGJATI BESERTA PPS SERENTAK BUKA POSKO GMHP

Foto Dokumentasi PPK Karangjati   Share on: WhatsApp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *