Home / Berita / KPU NGAWI LAKSANAKAN RAKER DENGAN PPK BAHAS APLIKASI SIDALIH

KPU NGAWI LAKSANAKAN RAKER DENGAN PPK BAHAS APLIKASI SIDALIH

Pak Sastha jelaskan materi aplikasi Sidalih

Ngawi, www.kpu-ngawikab.go.id – Terkait dengan Data Pemilih sebagai penyelenggara Pemilihan, KPU menggunakan Aplikasi Sidalih atau Sistem Informasi Data Pemilih. Guna menyikapi data pemutakhiran pemilih yang telah ada, KPU kabupaten Ngawi melaksanakan  Rapat kerja bersama ketua PPK dan anggota divisi program dan data dari 19 Kecamatan.

Acara dilaksanakan pada hari Selasa (27/02/2018) bertempat di kantor KPU Kabupaten Ngawi. Kegiatan tersebut membahas tentang perlunya pencermatan terhadap Sistem Informasi Data Pemilih (Sidalih). Mulai dari pengenalan awal sampai pada pengkroscekan data.

Dalam kegiatan tersebut, Sasthaputra Pramudya Wardhana,  selaku Divisi perencanaan dan Data menghimbau agar para peserta meneliti dengan cermat data yang ditampilkan dalam aplikasi sidalih.

Dalam kesempatan yang sama  Imas Maesaroh  Staf Program dan Data  juga menampilkan data yang sudah di upload pada sidalih. Dimana didalamnya terdapat  data yang bermasalah dalam pembacaan sistemnya. Hal tersebut dikarenakan berbagai faktor diantaranya terdapat NIK yang sama, data yang kurang lengkap maupun penyebab lainnya.

PPK saat mengikuti raker

Menyikapi hal ini, menurut teh imas (panggilan Imas Maesaroh), maka perlu dilakukan kroscek kembali terhadap data yang masuk di aplikasi sidalih. Diantaranya dengan menerapkan metode pencermatan sandingan antara data sidalih dengan data manual excel. Hal ini agar didapat data yang valid dan lengkap. Sehingga bisa digunakan untuk data pemilihan gubernur dan wakil gubernur tahun 2018.

Sementara itu Pak Sastha (panggilan akrabnya Sasthaputra) juga mengenalkan tentang aplikasi sidalih yang terbaru yaitu sidalih 2. Menurutnya, pada prinsipnya aplikasi tersebut sama tetapi belum siap digunakan karena masih perlu penyempurnaan. (Fera)

Check Also

APEL PAGI UPAYA OPTIMALKAN PRODUKTIFITAS KERJA

Ngawi, www.kpu-ngawikab.go.id –  Dalam rangka menjaga produktifitas dan sinergitas antar bagian maupun divisi, Jajaran Personil …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *