Home / Berita / KPU Ngawi Hadiri Bimtek Penataan Dapil dan Alokasi Kursi

KPU Ngawi Hadiri Bimtek Penataan Dapil dan Alokasi Kursi

Balikpapan – kpud-ngawikab.go.id – Ketua KPU Ngawi yang juga merangkap Divisi Teknis Syamsul Wathoni beserta Kasubag Teknis dan Hupmas M. Noor Jihan menghadiri kegiatan Bimbingan Teknis Penataan Dapil dan Aokasi Kursi yang dilaksanakan oleh KPU RI  pada hari Minggu-senin (19-20/11) bertempat di Hotel Novotel Jl. Brigjen Ery Suparjan 2, Klandasan Ulu, Balikpapan, Kalimantan Timur.Bimbingan Teknis Penataan Dapil dan Aokasi Kursi ini diikuti oleh 186 peserta, terdiri dari 12 KPU Provinsi dan 174 KPU Kabupaten/Kota.  

Bimtek ini dibuka secara resmi oleh Ketua KPU RI, Arief Budiman. Dalam sambutannya Ketua KPU RI ini menjelaskan bahwa KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota harus mempunyai persepsi dan pemahaman yang sama terkait 7 prinsip penyusunan Dapil di wilayah Kabupaten/Kota yaitu kesetaraan suara, ketaatan pada sistem proporsional, proporsionalitas, berada pada cakupan wilayah yang sama, integralitas wilayah, kohesivitas dan kesinambungan, untuk selanjutnya akan ditetapkan oleh KPU RI.

“KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota harus punya persepsi dan pemahaman yang sama terkait 7 prinsip tersebut dalam rangka menyusun Dapil di wilayah Kabupaten/Kota, untuk selanjutnya akan ditetapkan oleh KPU RI”, kata Ketua KPU RI ini.

Sementara itu, Komisioner KPU RI, Ilham Saputra yang juga mantan komisioner KIP Aceh ini dalam bimbingan teknis tersebut mengatakan bahwa penataan daerah pemilihan hanya untuk Dapil di Kabupaten/Kota. Sedang KPU Provinsi diberi tanggungjawab untuk melakukan supervisi dan monitoring terhadap tahapan penataan dapil yang dilakukan KPU Kabupaten/Kota.

Ilham Saputra juga meminta agar KPU Kabupaten/Kota wajib memberikan sosialisasi tentang prinsip-prinsip penataan Dapil pada stakeholder Pemilu, terutama Partai Politik, serta uji publik dalam proses penataan dapil DPRD Kabupaten/Kota yang selanjutnya usulannya akan disampaikan ke KPU RI melalui KPU Provinsi, untuk ditetapkan dengan keputusan KPU RI.

 “Kami harapkan teman-teman KPU Kabupaten/Kota segera melakukan uji publik Rancangan Dapil agar mendapat masukan dari masyarakat,”Ujarnya

Acara bintek tersebut di tutup pada Hari Senin Pukul 11.00 Wita dan seluruh peserta pulang ke daerah masing-masing. (TA)

Check Also

KERJA MARATHON BARENG KPU NGAWI, INI KOMENTAR OPERATOR SITUNG

Ngawi, www.kpu-ngawikab.go.id, Jumat (10/5/2019) – Keberadaan Aplikasi SITUNG (Sistem Informasi Penghitungan Suara) pada pemilu 2019, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *