Home / Berita / KPU NGAWI GERAKKAN RELAWAN  DEMOKRASI UNTUK OPTIMALKAN SOSIALISASI

KPU NGAWI GERAKKAN RELAWAN  DEMOKRASI UNTUK OPTIMALKAN SOSIALISASI

Ngawi, www.kpu-ngawikab.go.id – Setiap tahapan kepemiluan melalui perjalanan panjang. Setiap tahapannya perlu dikathui masyarakat. Selain sebagai informasi juga sebagai pertanggungjawaban atas kegiatan yang dilaksanakan. Adalah hak masyarakat  khususnya calon pemilih berhak mengetahui perkembangan tahapan, sebagai bagian dari keterlibatan atau partisipasi dalam demokrasi.  Sehubungan dengan hal itu, KPU Kabupaten Ngawi terus mengambil langkah untuk melebarkan sayap dalam sosialisasi.

Salah satu cara yang ditempuh sesuai dengan regulasi KPURI adalah dengan melibatkan masyarakat umum. Metodenya adalah dengan membentuk relawan demokrasi. KPU Kabupaten Ngawi terhitung mulai  Maret hingga Juni nanti, menyertakan Relawan Demokrasi untuk mendukung  sukses Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur  2018, melalui sosialisasi.

Eny Nurjanah mengatakan, relawan ini diharapkan mampu mendukung meningkatnya partisipasi masyarakat dalam menggunakan hak pilih. Ditanyakan tentang imbalan terhadap Relawan Demokrasi, Eni mengungkapkan, bahwa relawan demokrasi sifatnya sesuai namanya, ya melakukan tugas dengan sukarela. Nantinya secara sederhana,  relawan akan mendatangi forum-forum, kelompok atau komunitas  masyarakat, untuk sosialisasi. “Mereka telah mengikuti bimtek seputar kepemiluan. Untuk pilgub ini ada 10 relawan yang akan melaksanakan tugas selama 4 Bulan, diberbagai wilayah Kabupaten Ngawi”. jelas Bu Eni.

Masih menurut Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat tersebut, Relawan Demokrasi tugas intinya adalah sosialisasi. Mereka bukan penyelenggara, maka untuk aktifitas yang terkait penyelenggaraan, mereka tidak diperkenankan memberikan pernyataan. Dan bagi masyarakat, nantinya bisa memahami hal tersebut. Untuk hal teknis kepemiluan, bisa menanyakan kepada Penyelenggara baik PPK PPS. Karena tugas relawan hanya bidang sosialisasi dan pendidikan pemilih. Meski demikian, dalam kegiatannya, Relawan diharapkan koordinasi dengan PPK di kecamatan masing-masing agar saling melengkapi untuk bidang sosialisasi.  (bim)

Check Also

PENGUMUMAN DAN WAWANCARA CALON ANGGOTA PPK TAMBAHAN DALAM PEMILU 2019

Pengumuman bisa di dowload disini Share on: WhatsApp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *