Home / Berita / KPU KAB. NGAWI TURUNKAN TIGA TIM VERFAK PARTAI

KPU KAB. NGAWI TURUNKAN TIGA TIM VERFAK PARTAI

Kasubag Hukum bersama Divisi Hukum saat hadir pada Verifikasi Faktual

Ngawi-www.kpu-ngawikab.go.id, selasa (30/01/2018) KPU kabupaten Ngawi,  kembali laksanakan Verifikasi Faktual. Ini menyusul keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) bahwa semua partai harus di verifikasi faktual, baik  lama maupun partai baru. Verifikasi meliputi, perkantoran, kepengurusan dan keanggotaan partai.

Nanang Subekti,  Kasubag Hukum KPU kabupaten Ngawi mengungkapkan, dalam kegiatan verifikasi ini,  pihaknya membentuk 3 (tiga) tim.  Masing-masing terdiri dari 12 orang. Hal ini untuk menyikapi jenis verifikasi,  yaitu kepengurusan maupun keanggotaan. Disisi lain juga mempertimbangkan letak kantor partai, maupun jumlah anggota yang akan diverifikasi.

Dihari pertama,  Tim 1 melakukan verifikasi faktual, pada Partai Nasdem yang wilayah kantornya berada di pusat kota Ngawi.

Sedangkan tim 2 melakukan Verifikasi faktual Partai Partai Solidaritas Indonesia PSI dan Partai Bulan Bintang atau PBB. Kantor PSI berada di perkotaan juga, namun untuk keanggotaan, kegiatan bertempat di Pandean Kecamatan Karanganyar. Perjalanan dari Kantor KPU Ngawi menuju lokasi,  memakan waktu kurang lebih 1 jam.  Setelah dari Karanganyar, Tim 2 melanjutkan Verfak menuju Kantor PBB,  di Wilayah Sine. Diujung selatan sisi barat Kabupaten Ngawi, bisa dibilang lokasinya berada di wilayah lereng Gunung Lawu.

Adapun Tim 3, di hari pertama, melakukan verifikasi faktual Partai Garuda dan  Gerindra. Letak kantor Gerindra juga masih berada di wilayah perkotaan. Sedangkan, Partai Garuda letak kantornya berada di wilayah ujung timur Ngawi yang memakan waktu kurang lebih 1 jam  perjalanan kendaraan, yaitu  di Kecamatan Bringin. Kegiatan verifikasi berakhir sore hari, sedangkan  rekapitulasi laporan, selesai hingga jam 19.00 di Kantor KPU kab Ngawi. (Rkh/bm)

Check Also

PPK KARANGJATI BESERTA PPS SERENTAK BUKA POSKO GMHP

Foto Dokumentasi PPK Karangjati   Share on: WhatsApp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *