Home / Berita / KPU KAB. NGAWI SUSUN JADWAL VERIFIKASI FAKTUAL BERSAMA PENGURUS PARTAI

KPU KAB. NGAWI SUSUN JADWAL VERIFIKASI FAKTUAL BERSAMA PENGURUS PARTAI

Ngawi-www.kpu-ngawikab.go.id, Kamis (25/01) KPU Kabupaten Ngawi, mengadakan Rakor dengan Pengurus Parpol calon peserta pemilu 2019. Kegiatan dilaksanakan di Ruang Media Center KPU Ngawi.  Kegiatan Rakor ini memiliki agenda utama untuk menyusun jadwal Verifikasi Partai Calon peserta Pemilu 2019.

Ketua KPU Kabupaten Ngawi, Syamsul Wathoni membuka Rapat Koordinasi. Pak Toni menyampaikan bahwa kegiatan ini lebih untuk koordinasi menyusun jadwal Verifikasi Faktual terhadap Partai. “Berdasar pengalaman sebelumnya, kegiatan verifikasi faktual cukup menyita waktu dan perhatian kita semua. Maka sekarang kita bicarakan utamanya tentang jadwal. Agar berjalan sesuai mekanisme, sekaligus efektif dan efisien.”  tuturnya.

KPU Kab Ngawi Rakor dengan Pengurus Partai

Sementara itu, anggota KPU kabupaten Ngawi Prima Aequina selaku Divisi Hukum pada parannya menyampaikan tentang garis besar dari keputusan Mahkamah Konstitusi.  “Terkait verifikasi faktual, MK mengabulkan permohonan uji materi pasal 173 Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum. Dengan kata lain, semua partai politik, termasuk 12 parpol peserta Pemilu 2014, harus mengikuti verifikasi faktual oleh KPU. Hal ini berlaku untuk Pemilu 2019 dan pemilu-pemilu selanjutnya.” demikian disampaikan oleh perempuan yang tinggal di Kecamatan Bringin tersebut.

Kegiatan rapat koordinasi tersebut dihadiri oleh Panwaslih Kabupaten Ngawi. Acara diakhiri dengan kesepakatan jadwal verifikasi antara KPU dengan para pengurus Partai. Nantinya sesuai jadwal, KPU akan mengunjungi Kantor Parpol untuk verifiasi, baik  keanggotaan, kepengurusan maupun kondisi kantor.(bm)

Check Also

PPK KARANGJATI BESERTA PPS SERENTAK BUKA POSKO GMHP

Foto Dokumentasi PPK Karangjati   Share on: WhatsApp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *