Home / Berita / PESERTA KURSUS KEPEMILUAN GELOMBANG II SIAP MENGAWAL DEMOKRASI

PESERTA KURSUS KEPEMILUAN GELOMBANG II SIAP MENGAWAL DEMOKRASI

   Komisioner  KPU  Kabupaten  Ngawi,  Eni  Nurjanah  saat  memberikan  materi  Kehumasan

Ngawi, www.kpu-ngawikab.go.id – Kamis (8/11/2018) KPU Kabupaten  Ngawi  kembali melaksanakan Kursus Singkat Kepemiluan dalam menyongsong Pemilu Tahun 2019. Kegiatan berlangsung di Ruang Media Center KPU Kabupaten Ngawi Jalan Untung Suropati Ngawi.  Kursus  gelombang kedua tersebut  dilaksanakan  jam 08.00 hingga  jam 16.00 WIB.

Pada sesi pembukaan, peserta kursus yang rata rata berusia 20 sampai 40 tahun tersebut menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dengan kidmad. Selanjutnya sambutan Komisioner KPU Kabupaten Ngawi, Prima Aequina S, mewakili ketua KPU Kabupaten Ngawi. Prima menuturkan bahwa kursus pemilu menjadi langkah strategis KPU untuk membagi pengetahuan kepemiluan dan demokrasi kepada masyarakat.

Pihaknya berharap peserta yang ikut kursus bisa berperan  positif dalam menyukseskan setiap perhelatan Pemilu khususnya di Kabupaten Ngawi dan secara umum di Indonesia. Menurutnya Pemilu tahun 2019, menjadi pemilu yang komplek dengan pelaksanaan serentak dengan 5 pemilihan. Diantaranya memilih Presiden dan Wakil Presiden,  DPD,  DPR RI,  DPRD Provinsi,  serta DPRD Kabupaten/Kota. Ini merupakan hal pertama dan simpel yang harus dipahami oleh peserta kursus.

Pada gelombang 2 ini, terdaftar 30 orang peserta, dimana yang hadir mengikuti adalah 27 orang. Sedangkan 3 lainnya berhalangan hadir. Peserta yang hadir, berasal dari berbagai latar belakang  profesi diantaranya guru,  pegawai swasta,  pelajar, mahasiswa,  ibu rumah tangga, perangkat desa, serta wiraswasta.

Sementara itu, terkait materi kursus gelombang ke 2, selain kepemiluan juga terdapat materi kehumasan dan public speaking yang menjadi nilai tambah bagi peserta. Selain menyimak materi, peserta juga diajak bersama bernyanyi, serta bermain game kekompakan.

Eni Nurjanah,  anggota KPU kabupaten Ngawi yang mengisi materi sosialisasi dan kehumasan menyampaikan apresiasi kepada peserta kursus. Terlebih dengan waktu singkat, peserta diberikan materi yang padat, namun tetap antusias.   Pihaknya berharap,  peserta bisa terus mengembangkan diri,  menambah wawasan kepemiluan dan demokrasi dari berbagai sumber. Bisa dari bacaan, mengunjungi rumah pintar pemilu, atau referensi dari media internet yang relevan.

Pada kegiatan akhir dilaksanakan pengisian lembar test, mayoritas peserta menuliskan harapannya untuk bisa berpartisipasi dalam pemilu baik secara langsung maupun tidak langsung. Selain itu juga memberi masukan untuk peningkatan pelaksanaan kursus dimasa yang akan datang.

Kegiatan Kursus kepemiluan, diakhiri dengan penyerahan sertifikat kursus pada peserta.  Dan dengan sertifikat menjadi  langkah awal mengawal demokrasi. Kepada alumni kursus kepemiluan, redaksi mengucapkan  SELAMAT TERJUN LANGSUNG MENGAWAL DEMOKRASI !! (bm)

Check Also

PENYEMPURNAAN DPTHP-2, JUMLAH PEMILIH DI KAB. NGAWI TURUN

KBRN, Ngawi. Jumlah pemilih Pemilu 2019 di Kabupaten Ngawi pada Penyempurnaan Daftar Pemilih Tetap Hasil …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *