Home / Berita / KPU Bersama Panwas Bahas Jumlah PPS Kurang

KPU Bersama Panwas Bahas Jumlah PPS Kurang

Ngawi, kpu-ngawikab.go.id – Pasca Pelantikan PPS se Kabupaten Ngawi di RM Duta Watuwalang Tanggal 23 Nopember 2017, terdapat anggota PPS yang mengundurkan diri. Padahal di desa tersebut jumlah PPS yang mendaftar hanya 3 orang, sehingga tidak terdapat calon pengganti. Melihat hal ini KPU Ngawi langsung tancap gas mengundang Kesbangpol, Panwaskab, PPK dan Panwascam Kecamatan Ngrambe, Kendal, Gerih dan Widodaren untuk membahas hal itu di Gedung KPU Ngawi Lantai 2 pada Hari Jumat (24/11).

Syamsul Wathoni Ketua KPU Ngawi menjelaskan bahwa terdapat 4 Desa yang masih kekurangan PPS pasca pelantikan. Di 4 Desa tersebut, ada 1 orang anggota PPS yang mengundurkan diri karena alasan tertentu. Sehingga harus mengambil langkah untuk segera mengisi kekurangan PPS yang seharusnya 3 orang di setiap Desa.

“Kami akan membahas kekurangan PPS di 4 Desa/Kecamatan bersama dengan teman-teman Panwaskab, Panwascam dan PPK. Semoga segera tercukupi PPS di desa tersebut dan akan kami siapkan pelantikan minggu depan,”Ujar Ketua KPU Ngawi ini.

Di dalam rapat tersebut akhirnya terdapat kesimpulan agar KPU mempedomani pasal 55 PKPU No 13 tahun 2017. Dalam pasal tersebut ayat 1 menyebutkan bahwa dalam hal anggota PPS berhalangan tetap, KPU/KIP Kabupaten/Kota dapat mengganti dengan calon anggota PPS urutan selanjutnya atau menunjuk masyarakat setempat yang memenuhi syarat.

Akhirnya disimpulkan bahwa KPU Ngawi mengambil langkah untuk memenuhi kekurangan dengan menunjuk masyarakat setempat yang memenuhi syarat untuk menjadi calon PPS. KPU Kabupaten Ngawi menugaskan PPK Ngrambe, Widodaren, Kendal dan Gerih untuk menunjuk calon PPS dan melakukan uji kompetensi. (TA)

Check Also

KPU Ngawi lantik susulan 11 PPS

Ngawi, kpu-ngawikab.go.id – Selasa (28/11) KPU Ngawi melakukan pelantikan susulan terhadap 11 orang calon PPS …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *