Home / Berita / KETUA KPU KABUPATEN GELAR PERTEMUAN PERDANA DENGAN PPK PASCA COBLOSAN

KETUA KPU KABUPATEN GELAR PERTEMUAN PERDANA DENGAN PPK PASCA COBLOSAN

Ngawi, www.kpu-ngawikab.go.id, -Perhelatan Pemilu dengan puncaknya, hari pemungutan dan penghitungan suara di TPS telah berlalu. Dua hari sesudahnya, tepatnya Jumat (19/4/2019) terkesan mendadak, Ketua KPU Kabupaten Ngawi beserta jajaran mengumpulkan semua Ketua PPK beserta satu orang anggota dari 19 Kecamatan. Apakah ada hal serius yang dihadapi ?

BERKISAH – PPK Geneng saat menyampaikan gambaran ringkas kegiatan Pemungutan Suara di wilayahnya.

Ketua KPU Kabupaten Ngawi, Syamsul Wathoni menyampaikan bahwa pertemuan perdana setelah hari pemungutan suara, tersebut pertemuan biasa. Menurutnya, tidak ada hal khusus yang melatarbelakangi pertemuan ini.  Pihaknya mengggelar pertemuan untuk koordinasi kegiatan lanjutan, serta berbagi cerita setelah puncak Pemilu 2019.

“Kami lebih membahas kesiapan rekan-rekan PPK menjelang kegiatan rekapitulasi yang akan diadakan di setiap kecamatan. Rekapitulasi di kecamatan, pada pemilu kali ini, akan berlangsung rata-rata dalam lima hari. Ini membutuhkan kesiapan tenaga dan pikiran. Usai pemilu, tugas masih banyak. Ini masih proses penghitungan di tingkatan Kecamatan, sebelum nantinya rekapitulasi tingkat Kabupaten yang diperkirakan Ramadhan nanti.” demikian ungkap Ketua KPU Kabupaten Ngawi.

Dengan pertemuan ini KPU Kabupaten Ngawi memastikan bahwa PPK siap melaksanakan kegiatan Rekapitulasi. Disisi lain, harus  memastikan hasil penghitungan  C1  (data pemilih, data surat suara dan data perolehan)   benar.  Dalam hal terjadi kesalahan administrasi data pemilih atau perolehan, maka PPK  harus bisa menyelesaikan. Sementara itu, jika ada selisih data, maka KPU Kabupaten Ngawi menyilakan menyelesaikan selesaikan bersama saksi dan panwas mendasar PKPU 3 2019

BUKANNYA SANTAI – Pertemuan yang dilaksanakan oleh KPU dan PPK diantara ragam kesibukan pasca Pemungutan suara di TPS.

Sementara itu, Aman Ridho Hidayat, dalam pertemuan dengan PPK yang dilaksanakan di Waroeng Dipo tersebut menyampaikan bahwa,  kegiatan rekapitulasi harus sesuai dengan ketentuan. Meskipun capek dan lelah dengan kegiatan di hari H, pihaknya berharap, PPK beserta Sekretariat hingga PPS siap untuk melaksanakan rekapitulasi.

“Rekapitulasi  oleh  PPK, bisa  dilaksanakan  dengan memilih diantara dua metode. Ada yang tunggal, dimana PPK hanya menyiapkan satu tim untuk merekap hasil perolehan suara setiap TPS.  Kedua,  dengan paralel, dimana PPK membantuk dua tim untuk rekapitulasi, dengan harapan mempercepat rekapitulasi penghitungan. Tentunya tetap mengacu pada peraturan yang ada, serta tetap mengutamakan  substansi rekapitulasi.” jelas pria yang akrab disapa Pak R ini.

Rekapitulasi diberbagai kecamatan  yang paralel, dilaksanakan dengan dua tim. Agar berjalan baik, maka harus berlangsung di dua lokasi berbeda. Atau bila dalam satu area, bisa dengan jarak tertentu  agar tidak mengganggu satu sama lain. Terlebih dimungkinkan akan ada masukan dan diskusi dengan Panwas serta Saksi yang hadir.

Sementara itu, agenda pertemuan di Waroeng Dipo, berlangsung hingga jam 11.30 seiring dengan menjelang Sholat Jumat. Di hari yang sama, agenda Koisioner KPU Kabupaten Ngawi  adalah monitoring kegiatan rekapitulasi di berbagai kecamatan.  Sedangkan kegiatan di kantor KPU Ngawi, adalah kegiatan input data dari form C yang biasa disebut C1 Caraka, dengan basis online dengan aplikasi Sistem Informasi Penghitungn Suara, bertempat di Ruang IT KPU Kabupaten Ngawi. (bm)

Check Also

KERJA MARATHON BARENG KPU NGAWI, INI KOMENTAR OPERATOR SITUNG

Ngawi, www.kpu-ngawikab.go.id, Jumat (10/5/2019) – Keberadaan Aplikasi SITUNG (Sistem Informasi Penghitungan Suara) pada pemilu 2019, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *