Home / PPK Paron / JELANG PILGUB JATIM, PPS DESA SEMEN LAKUKANREKRUTMEN 147 KPPS

JELANG PILGUB JATIM, PPS DESA SEMEN LAKUKANREKRUTMEN 147 KPPS

Paron,www.kpu-ngawikab.go.id –  Jelang pelaksanaan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jatim 2018, PPS Desa semen lakukan rekrutmen KPPS se Desa Semen. Untuk keperluan Pilgub Jatim diperlukan 147 orang anggota KPPS. Mereka akan melakukan tugasnya  di 21 tempat pemungutan suara (TPS) yang tersebar di desa Semen. Para petugas KPPS per 7 orang di setiap TPS itu diangkat Panitian Pemungutan Suara (PPS) atas nama KPU Ngawi.

Menurut Ketua PPS Desa Semen Sudarsono, S.Pd.I, Senin (19/5/2018), untuk Perekrutan tenaga KPPS ini, PPS sudah melakukan koordinasi dengan Kepala Desa dan Kepala Dusun. Selain itu proses perekrutannya juga diumumkan secara terbuka.

“Pendaftaran anggota KPPS di Desa Semen berlaku untuk masyarakat umum secara terbuka. Siapa saja boleh ikut mendaftar asal memenuhi persyaratannya. Untuk mendapatkan 100 lebih tenaga KPPS tidak bias dilakukan dengan sekejap.”  Kata Sudarsono.

Proses pengumuman Rekrutmen KPPS sudah dimulai  3 April, Sedangkan Penerimaan berkas pendaftaran calon anggota KPPS di PPS  tanggal 13 – 19 Mei 2018. Kemudian dilanjutkan dengan pelantikan pada 30 Mei 2018 oleh PPS. Saat dikonfirmasi Aman Ridho Hidayat anggota KPU Ngawi, Kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) se Kabupaten Ngawi  10.857 orang anngota KPPS, yang  akan melakukan tugasnya di 1.551 tempat pemungutan suara (TPS) yang tersebar di Kabupaten Ngawi. Ada persyaratan baru yang tidak diberlakukan pada Pemilu 2015 silam. Kalau dulu tenaga KPPS dibatasi usia minimum 25 tahun maka kini lebih muda menjadi 17 tahun.

“Hal ini agar anak – anak muda bias banyak terlibat pada proses demokrasi Pilgub Jatim.   Meski 17 tahun sudah memenuhi syarat bias mendaftar minimal berijazah SMA Sederajat. Tapi kalau bias membaca, menulis dan menghitung tidak memakai ijazah SMA Sederajat juga tidak apa-apa” ujarnya.

Para petugas KPPS ini nanti terhitung bekerja sekitar sebulan.  Namun intinya mereka bekerja riil pada hari pemilihan. Tugasnya melakukan pelaksanaan pemungutan, penghitungan dan rekapitulasi suara.  (dar)

Check Also

SAMBUT PILKADA 2018, PPSJEBLOGAN BUKA PEREKRUTAN KPPS

Paron, www.kpu-ngawikab.go.id – Panitia Pemungutan Suara (PPS) Desa Jeblogan Kecamatan Paron merekrut Kelompok Penyelenggara Pemungutan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *