Home / Berita / JAJARAN KPU NGAWI KOMITMEN TINGKATKAN PARTISIPASI PEMILIH

JAJARAN KPU NGAWI KOMITMEN TINGKATKAN PARTISIPASI PEMILIH

LIBATKAN MASYARAKAT – salah satu event sosialisasi tingkat Kabupaten

Ngawi, www.kpu-ngawikab.go.id – Salah satu dari  tolak ukur sukses pemilihan adalah keikutsertaan masyarakat didalamnya. Khususnya dalam menggunakan hak pilih. Secara sederhana bisa disimpulkan bahwa penyelenggaraan pemilihan adalah untuk memfasilitsi rakyat sebagai pemilih untuk memilih pemimpinnya.

Berbincang tentang partisipasi pemilih, media kpu-ngawikab.go.id berkesempatan ngobrol dengan komisioner KPU Kabupaten Ngawi yang membidangi hal ini, Eni Nurjanah. Perempuan yang sering tampil sebagai pemateri dalam berbagai agenda sosialisasi Pilgub tersebut mengungkapkan bahwa  pihaknya beserta penyelenggara di Kecamatan terus menggelorakan sosialisasi.

Berikut wawancara khusus dengan Eni Nurjanah Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat KPU Kabupaten Ngawi, dengan awak media kpu-ngawikab.go.id, bimo wartono, pada Jumat (23/03/2018).

Bu, berapa target partisipasi pemilih dalam menggunakan haknya pada pilgub tahun ini? 

  • Eni Nurjanah: “Target partisipasi KPU Kabupaten Ngawi, sesuai yang ditargetkan oleh KPU Propinsi Jawa Timur. Yaitu 77,5 %”

Apa langkah-langkakh  yang hingga saat ini telah dilakukan oleh Jajaran KPU Ngawi

  • Eni Nurjanah: “Langkah-langkah yang kita lakukan diantaranya  satu, sosialisasi secara masif dilakukan dari KPU kabupaten sampai tingkat PPS atau penyelenggara yang ada di desa/Kelurahan.  Selain sosialisasi yang berbasis anggaran juga ada sosialisasi non anggaran. Diantaranya   dengan memanfaatkan forum-forum warga,  soialisasi melalui media sosial  dan juga membentuk relasi atau relawan demokrasi sebagai kepanjangan tangan dari KPU Kabupaten Ngawi.  Kedua, dengan penyebaran alat peraga sosialisasi yang ini dalam proses, serta penyebaran bahan kampanye. Dimana ini tengah berlangsung di tingkat kecamatan hingga desa, dengan melibatkan PPK PPS.  Kami juga mengadakan pendidikan pemilih serta melakukan simulasi-simulasi pencoblosan untuk masyarakat.”

Berbicara tentang PPK PPS tentunya menjadi bagian erat dari  KPU Kabupaten Ngawi. Nah, apa harapan Ibu atau KPU Ngawi kepada mereka, teman-teman PPK PPS?

  • Eni Nurjanah: “Kami mengharapkan, PPK dan PPS bisa menjadi penyelenggara yang kredibel, berintegritas, membantu dan melayani pemilih,  serta bisa memberikan pnjelasan tentang tahapan Pilgub kepada masyarakat. Sehingga nantinya tidak ada masyarakat Ngawi yang  tidak tahu tentang Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur  2018.”

Kalau tadi harapan, sekarang mungkin ada himbauan  kepada PPK PPS Bu?

  • Eni Nurjanah: “Saya menghimbau teman-teman  PPK PPS jangan lelah untuk  selalu mengajak kepada masyarakat agar turut berperan aktif dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur  2018.  Berikanlah pengetahuan-pengetahuan  tentang  pilgub. Tentunya dengan bahasa yang mudah dimengerti, sesuai dengan kearifan lokal. atau localwisdom.  Dalam hidup ini, paling tidak sekali saja,  kita ikut berbhakti pada bangsa dan negara melalui pelaksanaan penyelenggaraan pilgub ini..  Kalau tidak sekarang kapan lagi.”

Njih bu, terimakasih waktu dan bincang-bincang singkatnya

  • Eni Nurjanah : “Sama-sama”

Bagaimana anda yang menjadi penyelenggara pemilihan? Yuk berbakti dengan ambil bagian yang positif dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur  2018. Jangan lupa juga kalau kita sebagai pemilih, maka kita gunakan amanah dan hak ini dengan baik, untuk memilih pemimpin dengan mencermati program visi dan misi masing-masing paslon. Jangan salaah memilih ! Jangan pula golput!  (bim)

Check Also

KERJA MARATHON BARENG KPU NGAWI, INI KOMENTAR OPERATOR SITUNG

Ngawi, www.kpu-ngawikab.go.id, Jumat (10/5/2019) – Keberadaan Aplikasi SITUNG (Sistem Informasi Penghitungan Suara) pada pemilu 2019, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *