Home / KPU Ngawi / INI PESAN SERIUS KETUA KPU KABUPATEN NGAWI UNTUK PPK PPS

INI PESAN SERIUS KETUA KPU KABUPATEN NGAWI UNTUK PPK PPS

Ketua KPU Ngawi kembali ingatkan tentang Profesionalitas kinerja

Ngawi, kpu-ngawikab.go.id, – Pilgub Jatim 2018 maupun Pemilu Serentak 2019 adalah wujud pelaksanaan Demokrasi.  Pemilu menjadi sarana sah secara konstitusi untuk memilih pemimpin serta wakil rakyat. Menyikapi hal tersebut maka nilai-nilai mulia dalam hajatan  demokrasi harus dijunjung tinggi oleh semua pihak. Terlebih bagi penyelenggara. Termasuk KPU beserta jajaran, Panitia Pemilihan Kecamatan, Panitia Pemungutan Suara hingga KPPS.

Demikian disampaikan ketua KPU Ngawi Syamsul Wathoni. “Sebagai penyelenggara kita harus menyadari dan memahami, bahwa sejak pengucapan sumpah janji, maka berlaku beberapa hal. Diantaranya, kita kehilangan beberapa hak kita. Hak yang hilang ini adalah hak bersikap partisan serta  hak dalam  mendukung pasangan calon pemimpin maupun calon wakil rakyat.  Dengan kata lain, kita harus netral.  Adapun disisi lain,  kita masih memiliki hak dalam memilih. Meski begitu, tentang siapa yang kita pilih, tidak boleh disiarkan atau diumumkan. Cukup menjadi rahasia hati kita” pesan Pak Toni dengan mimik serius.

Hal ini dikemukakan usai melaksanakan pelantikan susulan Panitia Pemilihan Kecamatan Panitia Pemungutan Suara Kamis Siang (26/04/2018).  Pria yang hari itu mengenakan songkok hitam dan baju batik tersebut, menambahkan, bahwa komunikasi via media sosial juga harus dijaga tetap netral. Penyelenggara tidak boleh foto bersama calon pasangan, termasuk bersama tim suksesnya, maupun mengomentari Paslon atau caleg. Meski di Medsos, termasuk update status, harus tetap netral. Apalalagi memberikan tanggapan atau like. Juga tidak boleh dilakukan. Dijumpai usai  pelantikan, Toni  mengungkapkan bahwa penyelenggara  juga terikat dengan kode etik penyelenggara.

Khusus kegiatan Pilgub, menurut Toni, tiga bulan terakhir ini  menjadi masa bakti yang berat bagi penyelenggara. Namun dengan niat  baik, ikhlas dan profesional, maka semua tugas akan terlaksana dengan baik. Semuanya atas ijin dan petunjuk Allah swt.  (bim)

 

Check Also

PPS WARUK TENGAH PANGKUR SEMANGAT SEBARKAN DPT

Ngawi, www.kpu-ngawikab.go.id – Pilgub Jatim memasuki kegiatan penyampaian informasi DPT kepada masyarakat. Setelah kegiatan gerakan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *