Home / Berita / Dorong Pembentukan Pokja ULP di KPU Kab/Kota, KPU Upayakan Kemandirian Dalam Pengadaan

Dorong Pembentukan Pokja ULP di KPU Kab/Kota, KPU Upayakan Kemandirian Dalam Pengadaan

www.kpu–ngawikab.go.id – Rabu (10/5) “Kalau tidak kita mulai dari sekarang, kapan kita bisa mandiri dalam hal pengadaan”, ujar Dewinta Hayu Shinta, Divisi Umum Keuangan dan Logistik, KPU Provinsi Jawa Timur. Hal ini disampaikan dalam sambutannya pada acara Rapat Koordinasi Perencanaan Kebutuhan dan Pengelolaan Logistik serta Bimtek ULP yang diselenggarakan di Tanjung Kodok Beach Resort Lamongan pada 9-10 Mei 2017.

Perempuan berkacamata ini menyampaikan bahwa pembentukan pokja ULP di KPU Kabupaten/Kota sejalan dengan azas kemandirian KPU. Saat ini KPU RI sudah memiliki LPSE sendiri dan KPU Provinsi mengkoordinir ULP sekaligus sebagai admin LPSE. Sedangkan di tingkat KPU Kabupaten/Kota dibentuk Pokja ULP. Oleh karena itu alumnus Universitas Brawijaya ini mendorong agar pokja ULP bisa dibentuk di tingkat kabupaten/kota.

Masalahnya saat ini masih terkendala keterbatasan personil yang memiliki sertifikat serta tidak boleh merangkap sebagai Pejabat Pembuat Komitmen, Bendahara atau PPSPM. Pokja ULP berjumlah ganjil yang terdiri minimal 3 (tiga) orang yang memiliki sertifikat keahlian pengadaan barang/jasa pemerintah. Bagi satker KPU Kabupaten/kota dengan personil bersertifikat kurang dari 3 (tiga) orang, dapat meminta bantuan dari Pemda. Bahkan jika terpaksa tidak ada personil bersertifikat bisa minta bantuan dari pemda seluruhnya. Namun yang perlu dicatat adalah tetap menggunakan LPSE KPU.

 “Saat ini kita masih mencari solusi keterbatasan personil, salah satunya membentuk pokja ULP yang melibatkan personil antar KPU Kabupaten/Kota berdasarkan kedekatan geografis. Tapi masih terkendala masalah koordinasi antar wilayah dan biaya,” imbuhnya.

Dalam acara tersebut juga dilakukan pemetaan personil sekretariat KPU Kabupaten/Kota se-Jawa Timur yang telah memiliki sertifikat keahlian pengadaan barang dan jasa yang memenuhi syarat untuk ditugaskan dalam keanggotaan Pokja ULP sebagai persiapan pelaksanaan Pemilihan Tahun 2018. (GI)

Check Also

APEL PAGI UPAYA OPTIMALKAN PRODUKTIFITAS KERJA

Ngawi, www.kpu-ngawikab.go.id –  Dalam rangka menjaga produktifitas dan sinergitas antar bagian maupun divisi, Jajaran Personil …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *