Home / Berita / Dari Balik Seni Budaya Mataraman : AL BAROKAH, MUSIK PATROL ASLI NGAWI, SUDAH TAMPIL DI BERBAGAI KOTA

Dari Balik Seni Budaya Mataraman : AL BAROKAH, MUSIK PATROL ASLI NGAWI, SUDAH TAMPIL DI BERBAGAI KOTA

Ngawi, www.kpu-ngawikab.go.id – Gelar Seni Budaya Mataraman menjadi pilihan bagi KPU Jawa Timur dalam menyelenggarakaan sosialisasi di Kota Ngawi. Dalam kegiatan tersebut banyak pengisi acara yang terlibat, salah satunya adalah Grub Musik Patrol Al Barokah.

ENERGIK & KREATIF
Musik Patrol paduan alat musik tradisional dan modern

Musik ini menampilkan alat musik berbahan alat sederhana. Diantaranya  berupa kenthongan bambu, dan alat bekas rumah tangga, termasuk bekas penggorengan. Favian Eka Putra salah seorang personil yang berasal dari kampung baru Ngawi mengungkapkan, bahwa grub ini terbentuk  tahun 2016 lalu. Bisa dibilang, berdirinyapun tanpa perencanaan yang serius, alias mendadak.

Meski demikian, diawal pembentukan malah sudah mendapatkan undangan tampil di 5 kota sekaligus. Bicara soal nama, Al Barokah diambil dari  nama yang diberikan oleh rekan dari personil, yaitu Jody Dobret. Dimana kala itu adalah bulan Ramadhan bulan penuh barokah. Sehingga mereka sepakat untuk menamai Al Barokah, sekaligus menjadi doa dan harapan, bahwa grubnya menjadi keberkahan bagi personilnya. Apalagi pembentukan bermula di bulan Ramadhan.

Bicara soal latihan, kepada Bimo W dari www.kpu-ngawikab.go.id disampaikan bahwa mereka  tidak memiliki jadwal khusus untuk latihan. Mereka justru seringkali latihan dengan mendadak. Sesuai dengan jadwal akan tampil mereka. Yang menarik, mereka sering membuat kentongan saat akan tampil. Dimana usai tampil, biasanya kenthongan dibuang, karena menurutnya  tidak tahan lama.

Menurut Favian, yang juga seorang relawan demokrasi mengungkapkan, bahwa personil Al Barokah berjumlah 7 orang.  Namun saat mengisi gelar seni budaya kemarin, hanya ada 6 Orang, diarenakan satu personil tengah kuliah di luar kota. Sehingga tak bisa ikut tampil. Inilah personil lengkap Al Barokah  Favian Eka Putra, Bagus Cristriyantono, Muhammad Averill Prasdiatama, Rio Pororo, Septia Richo Saputra, Olgha Bian dan Alfian Joga D. (bim)

Check Also

KERJA MARATHON BARENG KPU NGAWI, INI KOMENTAR OPERATOR SITUNG

Ngawi, www.kpu-ngawikab.go.id, Jumat (10/5/2019) – Keberadaan Aplikasi SITUNG (Sistem Informasi Penghitungan Suara) pada pemilu 2019, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *