Home / Berita / Buka Rakor Logistik, Ketua KPU RI Ingatkan Tantangan KPU Ke Depan

Buka Rakor Logistik, Ketua KPU RI Ingatkan Tantangan KPU Ke Depan

www.kpu–ngawikab.go.id – Selasa (9/5) Berlokasi di Tanjung Kodok Lamongan, acara rakor perencanaan kebutuhan dan pengelolaan logistik serta Bimtek ULP yang diselenggarakan KPU Provinsi Jawa Timur, diikuti oleh Divisi Umum, Keuangan dan Logistik KPU Kabupaten/Kota, Pejabat Pengadaan/Jasa dan Operator Silog se-Jawa Timur, termasuk dari KPU Kabupaten Ngawi.

Acara yang diselenggarakan pada tanggal 9-10 Mei 2017 ini dibuka oleh Ketua KPU RI Arief Budiman. Pria yang akrab disapa Arief ini mengingatkan tantangan-tantangan yang dihadapi KPU kedepan. Setidaknya saat ini KPU sedang concern pada 3 (tiga) agenda besar. Pertama, Pemilihan Serentak tahun 2017 ini masih menyisakan ‘pekerjaan rumah’ dimana masih ada beberapa daerah yang belum selesai prosesnya, semisal di Papua masih menyisakan Pemungutan Suara Ulang (PSU) 1 (satu) TPS di Kabupaten Maybart sebagai amanah putusan Mahkamah Konstitusi.

Kedua, persiapan menghadapi Pemilihan Serentak tahun 2018. Pemilihan yang rencananya akan dilaksanakan pada 27 Juni 2018 ini dijadwalkan  akan launching pada 14 Juni 2018 mendatang. Pasca launching, Arief mengharapkan kepada KPU Provinsi/Kabupaten/Kota yang menyelenggarakan Pemilihan 2018 untuk segera menindaklanjuti dengan menandatangani NPHD bersama Pemerintah Daerah. Pemilihan Serentak 2018 akan diselenggarakan di 17 Provinsi 39 Kota dan 115 Kabupaten.

“Saya harapkan pasca launching Pilkada di KPU RI pada 14 Juni mendatang, bagi KPU Provinsi/Kabupaten/Kota yang melaksanakan Pemilihan segera menandatangani NPHD”, ujarnya.

Ketiga, persiapan Pemilu Serentak Nasional 2019 yakni Pileg dan Pilpres serentak. DPR sudah menyepakati tanggal pelaksanaan pemungutan suara ‘pemilu 5 kotak ini’ pada 17 April 2019 tetapi belum selesai membahas Undang-Undang Pemilu. Sehingga belum  bisa dipastikan kapan tahapan dimulai. Akibatnya waktu persiapan pelaksanaan Pemilu Serentak 2019 akan semakin sempit. “Yang jelas waktu persiapan pemilu 2019 waktunya semakin pendek jika Undang-undang Pemilu belum ditetapkan,” ungkap pria alumnus FISIP Unair ini.  (GI)

Check Also

APEL PAGI UPAYA OPTIMALKAN PRODUKTIFITAS KERJA

Ngawi, www.kpu-ngawikab.go.id –  Dalam rangka menjaga produktifitas dan sinergitas antar bagian maupun divisi, Jajaran Personil …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *