Home / Berita / KPU KABUPATEN NGAWI LAKUKAN EVALUASI KINERJA RELAWAN DEMOKRASI

KPU KABUPATEN NGAWI LAKUKAN EVALUASI KINERJA RELAWAN DEMOKRASI

Ngawi,kpu-ngawikab.go.id – Kegiatan Sosialisasi oleh Relawan Demokrasi telah melewati separuh bulan. Berbagai lintas segmen masyarakat  telah didatangi oleh relawan demokrasi di 10 basis. Hal ini mendapatkan perhatian khusus jajaran komisioner  KPU Kabupaten Ngawi.  Pada Kamis (21/2/2019) Komisioner mengumpulkan Relawan Demokrasi di ruang Media Center.

Ketua KPU Kabupaten Ngawi dan Komisioner saat koordinasi dan evaluasi bersama Koordinator Relawan Demokrasi

Dalam pertemuan tersebut, setiap basis diwakili oleh koordinator dan salah satu anggota masing-masing. Kegiatan dipandu langsung oleh Ketua KPU Kabupaten Ngawi Syamsul Wathoni, yang didampingi oleh Eni Nurjanah, komisioner yang membidangi sosialisasi dan pendidikan pemilih.

Pak Toni menyampaikan beberapa point khusus, meliputi pentingnya relawan memahami tahapan Pemilu 2019. Meski sudah dibimtek namun Relawan harus mengasah kemampuan dan ketrampilan penyampaian informasi terkait tahapan. Sehingga bisa menjawab pertanyaan yang muncul dari peserta sosialisasi.

Ketua KPU Kabupaten Ngawi meminta Relawan lebih solid dan memiliki kinerja yang baik dari masing-masing anggota, tanpa memandang senioritas. “Setiap diri relawan harus memahami tugas dan mampu menyampaikan sosialisasi. Bagi kami tidak ada yang kami nilai lebih senior atau pengalaman. Semua harus bergerak dan trampil dalam sosialisasi” tegasnya.

SinergiKetua KPU Kabupaten Ngawi saat berdialog dengan Relawan Demokrasi

Pada kesempatan berikutnya, Pria yang juga membidangi logistik tersebut  menanyakan kepada Relawan yang hadir tentang beberapa hal. Diantaranya tentang Daerah Pemilihan DPRD di Ngawi meliputi kecamatan apa saja. Relawan yang ditunjuk menjawab  dan mendapatkan kroscek langsung jika ada yang kurang tepat jawabannya.

Sementara itu Eni Nurjanah komisioner yang membidangi sosialisasi meminta Relawan untuk menyerahkan detail rencana kegiatan bulan Maret sehingga menjadi acuan langkah mendatang. Dan terkait pelaporan meminta Relawan membuat laporan yang profesional bukan hanya sekedarnya.

Bu Eni menjelaskan bahwa laporan, selain sebagai pertanggungjawaban keuangan, juga  menjadi dokumen dan referensi kepemiluan di masa mendatang. “Karena penjenengan adalah relawan demokrasi maka membuat laporan jangan biasa. Buatlah laporan yang bagus, sesuai realisasi kegiatan dilapangan. Untuk Cover juga demikian. Dan pastikan lebih dulu untuk memastikan dokumentasi yang bagus, terlebih daftar hadir. Jika banyak ya tulisan semua. Ini untuk mengetahui partisipasi kehadiran dalam sosialisasi oleh Relawan. Sedangkan untuk penggunaan keuangan harus disertai bukti yang sesuai dengan mekanisme pelaporan.” tutur Eni Nurjanah

Kegiatan dilanjutkan dengan  penjelasan terkait pembuatan Laporan Pertanggungjawaban. Dalam hal ini disampaikan oleh Popong Anjarseno Kasubbag yang membidangi keuangan, serta Rima A, selaku staf pengelola keuangan. (bim)

Check Also

KERJA MARATHON BARENG KPU NGAWI, INI KOMENTAR OPERATOR SITUNG

Ngawi, www.kpu-ngawikab.go.id, Jumat (10/5/2019) – Keberadaan Aplikasi SITUNG (Sistem Informasi Penghitungan Suara) pada pemilu 2019, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *