Home / Berita / INILAH RELAWAN DEMOKRASI KPU KABUPATEN NGAWI DALAM PILGUB 2018

INILAH RELAWAN DEMOKRASI KPU KABUPATEN NGAWI DALAM PILGUB 2018

Ngawi, www.kpu-ngawikab.go.id –  Dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur  2018 ini, KPU Kabupaten Ngawi membentuk relawan demokrasi atau disingkat relasi, dengan jumlah 10 orang. Keterlibatan mereka melalui pemilihan  pribadi dari  berbagai komunitas/latar belakang  sosial kemasyarakatan  di Kabupaten Ngawi.

Sebenarnya peminat untuk menjadi relawan ini banyak, namun tidak bisa semua diakomodir, mengingat ada aturan yang memuat hal ini.  Selebihnya disilakan bagi masyarakat untuk membantu sosialisasi sesuai kapasitas di lingkungan masing-masing. Terlebih keberadaan relawan ini tidak digaji, karena memang bersifat sukarela. “Kami melibatkan mereka, rekan-rekan yang benar-benar memiliki kepedulian dalam mengawal demokrasi dan meningkatkan partisipasi pemilih.”  Demikian disampaikan oleh Bimo Wartono staf teknis KPU Kabupaten Ngawi yang membantu Komisioner Divisi SDM dan Parmas terkait Relawan Demokrasi.

Ditambahkannya, adapun 10 Relawan yang terlibat dalam PILGUB tahun ini diantaranya adalah sebagai berikut : ENY SETYORINI, DHANANG EKO PRASETYO, HERI SUJIYANTO, NUROKHIM RIDWAN P, FAVIAN EKA PUTRA, HENRY MOCH SURYO P, JOKO SUSILO, GALIH  AGIL, ARI SETYAWAN, dan HANIFA ULFA KHASANA.

Pria berusia 38 tahun tersebut mengungkapkan, bahwa Relawan Demokrasi tersebut memiliki latar belakang beragam. “Mereka ada yang mahasiswa, guru honorer, anggota komunitas, pemerhati difabel, anggota organisasi kemasyarakatan, aktifis pemberdayaan masyarakat, Dosen, musisi muda, serta pemerhati kepemudaan” Mereka telah diuji dalam melaksanakan sosialisasi kepada masyarakat. Dan dengan bimbingan teknis yang telah dilaksanakan diharapkan mereka tepat dalam melaksanakan kegiatan.

Bimo yang juga mantan PPK Kecamatan Ngawi ini mengungkapkan, Relawan akan menjadi mitra penyelenggara di 19 Kecamatan dalam melaksanakan sosialisasi, khususnya rekan PPK yang membidangi sosialisasi.  “Seperti arahan Bu Eni Nurjanah divisi SDM dan Parmas, para relawan akan melaksanakaan tugas pada sasaran dengan 5 segmen utama, diantaranya masyarakat pinggiran, masyarakat difabel, pemilih dengan basis keagamaan, pemilih pemula maupun kaum perempuan.  Segmen tersebut yang menjadi sasaran sosialisasi para relawan. Dengan adanya relawan, diharapkan, calon pemilih  nantinya aktif menggunakan hak pilih. Tentunya ini  menambah gerak sosialisasi yang dilakukan oleh teman-teman PPK PPS”  tuturnya sembari melakukan kegiatan rutin editing berita.

Sementara itu Galih Agil relawan asal Ngawi mengungkapkan bahwa ia senang bisa bergabung dalam relawan demokrasi. Ia bisa belajar kepemiluan, sekaligus praktek kembali memperkaya wawasan dalam ilmu bicara didepan publik. Sementara itu Eny S seorang pemerhati dan pendidik difabel yang tergabung dalam relawan demokrasi, juga merasa senang bisa terlibat dalam kegiatan kepemiluan dengan KPU Kabupaten Ngawi. Bahkan Relawan sudah hadir pula dalam kegiatan sosialisasi yang dilakukan KPU Kabupaten Ngawi. (rokhib)

Check Also

KERJA MARATHON BARENG KPU NGAWI, INI KOMENTAR OPERATOR SITUNG

Ngawi, www.kpu-ngawikab.go.id, Jumat (10/5/2019) – Keberadaan Aplikasi SITUNG (Sistem Informasi Penghitungan Suara) pada pemilu 2019, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *