Home / PPK Bringin / PEMILU 2019, PPK HARUS BERBEKAL INTEGRITAS DAN LOYALITAS

PEMILU 2019, PPK HARUS BERBEKAL INTEGRITAS DAN LOYALITAS

Bringin, www.kpu-ngawikab.go.id Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) merupakan kepanjangan tangan KPU yang mempunyai tugas berat dalam menjalankan Pemilu di daerahnya masing-masing. Tugas yang berat ini pada pemilu-pemilu sebelumnya, dipercayakan kepada anggota PPK yang berjumlah 5 (lima) orang. Pembagian tugas PPK yang berjumlah 5 orang ini pun secara teknis di lapangan terkadang masih terasa berat dilakukan mengingat kondisi geografis dan banyaknya penduduk di tiap-tiap kecamatan berbeda. Demikian disampaikan oleh Fanil anggota PPK Bringin saat ditemui di ruang kerjanya Kamis (08/03/2018).

salah satu kegiatan PPK Bringin

Berbicara tentang kewilayahan, maka kecamatan Bringin secara geografis daerahnya terpisah dengan hutan dan waduk antar desa dalam satu kecamatan maupun antar dusun dalam satu desa. Bisa dibilang, tugas PPK sangatlah berat dan hanya orang-orang yang berintegritas. Apalagi jika menjadi penyelenggara untuk kegiatan Pemilu, dimana Pemilu Legeslatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) berjalan bersamaan, di Tahun 2019.

Masih menurut Fanil, disisi lain, selain bidang teknis kepemiluan, anggota PPK juga harus membantu  dalam hal laporan Pertanggung Jawaban pelaksanaan kegiatan bersama staf sekretariat. Sehubungan dengan hal itu, personil PPK Bringin  yang terpilih dalam penyelenggaraan Pemilu 2019, haruslah memiliki integritas dan Loyalitas. Ini akan mendukung pelaksanaan pesta demokrasi di wilayah dengan 10 Desa tersebut dengan sukses. Baik partisipasi maupun penyelenggaraan.

Seperti diketahui, jumlah PPK nantinya mengalami perubahan. Dimana pada pemilu sebelumnya  berjumlah 5 (lima) orang. Namun untuk Pemilihan Legislatif dan Pemilihan Presiden tahun 2019 nanti, hanya berjumlah 3 (tiga) orang. Atau berkurang 2 dari masa pemilu sebelumnya. Ini sesuai regulasi yang terbaru,  tertuang pada UU Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum bagian kedelapan pasal 52. Tentu ini pekerjaan yang tidaklah mudah, apalagi yang pada kecamatan kelurahan banyak, geografis yang sulit dan tentunya diiringi dengan jumlah penduduk yang padat. (FAN PPK)

 

Check Also

PEMETAAN WILAYAH KUNCI SUKSESNYA PEMILIHAN GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR JAWA TIMUR TAHUN 2019

Kenongorejo, 25 Mei 2018 Desa kenongorejo adalah desa Terisolir, yaitu berada diperbatasan antara Kabupaten Ngawi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *